"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Jumat, 14 Oktober 2011

Tom Morello Dukung Demonstrasi Occupy Wall Street

www.traxmagz.com

 “Mic cek, " kata Tom Morello, alias The Nightwatchman, pada siang hari 13 Oktober lalu di Zuccotti Park, Manhattan. Morello sesungguhnya tak menggunakan mikrofon saat berteriak tadi. Dia berada diantara seribuan orang demonstran “Occupy Wall Street” yang menyuarakan anti keserakahan keuangan dan korupsi di kalangan pejabat Amerika. Para demonstran langsung mengerumuni sosok populer gitaris dari Rage Against the Machine dan Audioslave ini.

Lima hari setelah tampil di “Occupy Los Angeles”, Morello tiba di New York City sebagai tamu “Occupy Wall Street”. Tom datang memenuhi undangan para demonstran di New York karena banyaknya permintaan lewat akun twitternya. Alhasil area yang terletak dekat Liberty Plaza ini tak lagi mampu menampung ribuan orang yang berkerumun bernyanyi bersama dalam solidaritas yang oleh Morello disebut "folk-music guerrilla warfare," gerakan pembaruan yang datang dari nyanyian rakyat.


Mengenakan topi bertulis “Solidarity Forever”, Morello membuka ‘ngamen’-nya dengan lagu ‘The Fabled City’ diambil dari album Nightwatchman, album solo Tom Morello yang menurut para kritikus disebut sebagai album idealisme jiwa pemberontaknya. Dalam aksinya ini Morello ditemani gitaris Carl Restivo, rekannya dari band Street Sweeper Social Club. Morello menyanyikan empat lagu termasuk “The Land is Your Land,” sebuah lagu rakyat ciptaan legenda folk rock Amerika Woody Guthrie.

Dengan sedikit pidato, “Jika Guthrie masih hidup,” kata Morello, “Dia pasti akan berada di depan kita bernyanyi bersama.” Morello kemudian mengajak semua demonstran sama-sama menyanyikan lagu rakyat yang sangat populer itu.

Selanjutnya Morello memainkan harmonika dan mengalunlah ‘World Wide Rebel Songs’ dari Nightwacthman yang membuat kerumunan bergemuruh. "Bersama-sama kita bernyanyi," pinta Morello kepada kerumunan. “Ayo lebih keras, suarakan hati rakyat.”

Sebagian besar penonton memegang kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen musisi ternama yang mendukung Occupy Wall Street.


by Facebook Comment


Create your own banner at mybannermaker.com!