"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 14 Mei 2012

Dukung Anggun Di Ajang Eurovision Song Contest 2012


Press Release
Setelah tampil mempesona lewat konsernya di Indonesia pada bulan November tahun lalu, Anggun kembali membuat gebrakan baru. Ia akan tampil dalam Eurovision Song Contest 2012 mewakili negara Perancis. 
Eurovision Song Contest adalah ajang kompetisi musik prestisius di Eropa. Setiap tahunnya lebih dari 40 negara di Eropa mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kontes ini seperti Belgia, Italia, Bulgaria, Denmark, Perancis, Swedia, Serbia, Canada,  Jerman, Inggris, dll. Tercatat ABBA dan Celine Dion adalah penyanyi kelas dunia yang pada awal karirnya pernah mewakili negaranya mengikuti kompetisi ini. 

Eurovision Song Contest yang pada tahun 2012 ini adalah ajang yang ke-57, akan digelar di Baku, Azerbaijan. Sistem pemilihan penyanyi yang akan mewakili negara tertentu ditentukan oleh panitia internal Eurovision, dimana penyanyi yang dipilih adalah penyanyi yang sudah profesional (dalam arti sudah punya nama dan sudah merilis album rekaman di negara yang diwakilinya). 

Nantinya seluruh kontestan akan  berlaga selama beberapa putaran dimana para kontestan yang lolos ditentukan oleh penilaian dewan juri. Semi final akan berlangsung pada 22 dan 24 Mei 2012. Dan grand finalnya berlangsung pada 26 Mei 2012. Pemenang akan ditentukan oleh voting juri sebesar 50 % dan polling pemirsa televisi sebesar 50 %. Menariknya, pemirsa tidak boleh memilih finalis dari wakil negaranya sendiri. 

Terpilihnya Anggun sebagai duta Perancis tentu saja telah melalui pertimbangan yang sangat matang. Anggun adalah sosok yang tepat mewakili masyarakat Perancis saat ini yang heterogen. Prestasi Anggun sendiri tidak perlu dipertanyakan. Anggun telah dikenal luas di daratan Eropa sejak “Snow On The Sahara” dirilis di lebih dari 33 negara. Anggun tercatat menjadi salah satu artis Perancis yang penjualan albumnya terlaris. Puncaknya adalah saat Anggun dianugerahi nominasi penghargaan “Victories de la Musique” oleh French Music Awards. 

Anggun terus menorehkan prestasi. Di Italia, album Anggun sukses diganjar double platinum. Sementara di Amerika Serikat, Anggun berhasil masuk dalam “The Billboard Heat Seekers Album Charts Top 20.” Di Perancis, Anggun baru saja mendapatkan penghargaan “Diamond Export Award” di MIDEM, atas prestasinya sebagai artis yang albumnya banyak diekspor ke negara-negara di luar Perancis. 

Anggun adalah persona yang mengagumkan. Sosoknya semakin dikenal dan berpengaruh dalam jajaran artis internasional. Ia menjadi salah satu ikon dalam berbagai pagelaran bergengsi dunia, seperti World Music Awards, Danish Film Awards, Beacon of Light Awards, MTV Asia Awards. Ia didaulat oleh PBB menjadi Duta Pangan. Aktif mengkampanyekan program kemanusiaan bersama tokoh dunia lainnya seperti Bill Clinton. Tampil bersama Sri Paus pada acara kemanusiaan di Vatican, dan banyak lagi. 

Anggun adalah aset berharga yang dimiliki oleh Perancis saat ini. Dukungan sepenuhnya diberikan oleh masyarakat Perancis. Seperti yang diungkapkan oleh Le Parisien, surat kabar terbesar di Perancis, yang seketika memasukkan Anggun sebagai headline setelah resmi terpilih sebagai duta Perancis untuk Eurovision Song Contest 2012 ini. 

Di kontes ini, Anggun membawakan lagu berjudul Echo (You And I). Lagu yang dinyanyikan dalam dua bahasa (Perancis dan Inggris) ini diproduseri oleh musisi kenamaan Perancis yaitu William Rousseau dan Jean-Pierre Pilot. Anggun sendiri juga terlibat dalam penulisan lirik. Adapun mix engineernya dipercayakan kepada Veronica Ferraro, musisi yang sering berkolaborasi dengan DJ kondang David Guetta. Dan hasilnya sungguh mengagumkan. Sebuah komposisi musik yang catchy, modern, dengan elemen musik rock ber-up beat tempo. 

Yang pasti berbeda dengan kebanyakan lagu-lagu untuk festival, lagu Echo (You And I) ini lebih akrab diterima di telinga, sehingga diharapkan dapat menarik perhatian dewan juri dan pemirsa. Lagu ini sudah ditayangkan perdana oleh French Television, dan sambutannya sangat positif. 

Bagaimana tanggapan Anggun sehubungan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk mewakili Prancis diajang Eurovision Song Contest 2012 ini ?
Merupakan kehormatan besar saya dipilih oleh pemerintah Perancis untuk tampil dalam ajang bergengsi ini. Saya akan memberikan yang terbaik dan membuat Perancis bersinar di ajang ini,” katanya dengan penuh percaya diri. 

Berbagai persiapan sudah dilakukan demi suksesnya acara ini. Mulai bulan Februari ini Anggun akan melakukan tour ke 15 negara dalam rangka promosi album terbarunya berjudul Echoes, serta mengenalkan lagu Echo (You And I). Meskipun yang dinilai adalah lagu, tetapi penampilan sang penyanyinya pun memegang peranan penting. Untuk itu Anggun sudah mempersiapkan strategi khusus dalam penampilan panggungnya. Demikian juga dengan tata busananya, dimana Jean Paul Gaultier dipercaya merancang gaunnya. 

Anggun yang masih mencintai Indonesia dan tetap merasa sebagai orang Indonesia melihat bahwa event ini tidak sekedar kompetisi yang dibatasi oleh benua saja. Musik baginya adalah sesuatu yang universal, tanpa sekat apapun. Siapapun bisa menikmati dan ikut memberikan dukungan pada event ini. Untuk itu ia memohon dukungan kepada para pencinta musik di Indonesia agar ia bisa tampal prima di ajang ini.

Bagimana untuk mendukung Anggun dalam Eurovision Song Contest 2012 ?
Simak di website resminya di : http://www.eurovision.tv

Ikuti perjalanan lengkap Anggun melalui twitternya : @anggun_cipta dan @SonyMusicID



by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!