"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Selasa, 22 Mei 2012

Facebook Membuat Nilai Kekayaan Bono Melonjak Tajam


Melantainya saham Facebook di Bursa Wall Street pada Jumat lalu (18/5) dengan penjualan yang fenomenal tak hanya membuat Mark Zuckerberg tersenyum puas. Vokalis band U2 asal Irlandia, Bono juga kebagian rejeki nomplok. Sebagai pemilik 2,3 % saham Facebook, peringkat kekayaan Bono melonjak signifikan.

Bono menjadi salah satu investor Facebook sebelum perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini go public. Dikutip dari majalah NME, kekayaan Bono dari kepemilikan saham Facebook berlipat dari tiga tahun sebelumnya ketika melakukan investasi seharga USD 90 juta. Namun belum diketahui pasti nilai kekayaan pribadi Bono atas saham Facebook, karena investasi yang ia lakukan di 2009 itu bukan atas nama pribadi tapi melalui satu perusahaan bernama Elevation Partners.

Tapi bisa dipastikan nilai kekayaan Bono dari saham Facebook jauh melebihi hasil penjualan album U2, termasuk tur konser dunia band itu selama dua tahun yang mengeruk keuntungan sekitar USD 950 juta. Saham Facebook juga melambungkan nama Bono sebagai musisi terkaya dunia mengalahkan Paul McCarney yang diperkirakan memiliki kekayaan mencapai USD 1 miliar.

Walau telah membuat Bono, dan tentunya Mark Zuckerberg kaya raya, namun listing perdana saham Facebook sebetulnya mengecewakan kalangan lantai bursa dunia. Walau sempat melambung dari harga perdana yang USD 38 per saham, namun pada penutupan perdagangan saham berkode 'FB' ini hanya naik 0,97% perlembar diatas harga perdana. Ini jauh dibawah spekulasi investor dan spekulan. Pengamat mengatakan pelepasan saham FB ini tidak disaat yang tepat karena adanya sentimen negatif akan ketakutan akan krisis keuangan di Yunani yang mempengaruhi Eropa.

Dikutip dari Detik.com, dengan harga IPO USD 38 per lembar saham, Facebook memecahkan rekor pendapatan dalam sejarah 100 kali lebih tinggi, melawan Apple yang hanya 14 kali dan Google inc's 19 kali. Facebook menjadi perusahaan jejaring sosial paling mahal dalam sejarah IPO perusahaan web AS, mengalahkan nilai Google pada 2004 yang mencapai USD 23 miliar. Facebook diperdagangkan dengan kode FB di Nasdaq. Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg masih jadi pemegang saham mayoritas dengan porsi 57,3%.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!