"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Selasa, 14 Agustus 2012

Beastie Boys Gugat Monster Energy Drink Atas Pelanggaran Hak Cipta


Pengacara Beastie Boys mengajukan gugatan di Manhattan pada Selasa minggu lalu (7/8) melawan Monster Energi  Drink untuk dugaan pelanggaran hak cipta. Seperti yang dilaporkan SPIN, klaim tersebut menuduh bahwa Monster Energi Drink "secara sengaja, jahat, dan berpotensi menindas" dengan menggunakan bagian-bagian dari lagu Beastie Boys dalam berbagai promo dan video spot tiga menit untuk mempromosikan sebuah acara yang disebut Ruckus in the Rockies. Total 26 lagu Beastie Boys yang terdaftar akan hak ciptanya telah digunakan dalam berbagai video yang muncul di website yang berhubungan dengan event itu, termasuk “So Whatcha’ Want”, “Looking Down The Barrel of a Gun” dan “Sabatoge”.

Teks yang berhubungan dengan lagu-lagu itu juga melawan hukum seperti salah satu kalimat dari DJ Z-Trip Beastie Boys Mega Mix, ”With tracks from the Beastie Boys putting you in the vibe and a sponsorship from Monster Energy, this edit will make you want to ride and party like no other.”

Yang penting dicatat pula, menurut laporan The Hollywood Reporter, bahwa promosi dari acara Monster Energy Drink untuk acara Ruckus in the Rockies itu diselenggarakan pada tanggal 5 Mei, sehari setelah kematian pendiri Beastie Boys Adam Yauch.


Pengacara Beastie Boys menyampaikan gugatan sebesar US $ 150.000 untuk setiap pelanggaran karya mereka.

Gugatan ini datang tepat setelah berita tentang Adam Yauch menyatakan dalam surat wasiatnya bahwa “In no event may my image or name or any music or any artistic property created by me be used for advertising purposes” (via Rolling Stone)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!