"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 10 September 2012

Chart Billboard Social 50: Linkin Park Melonjak, Psy Masih No.1

Dibuatnya akun personal Facebook khusus untuk videoklip "Lost in the Echo" menjadi semacam bahan bakar untuk lompatan besar Linkin Park dalam chart Billboard Social 50 minggu ini. Pada hitungan Billboard, Chester cs naik dari urutan 23 ke 16, berkat interaksi sosial yang disebabkan oleh videoklip itu. Dalam videoklip terbaru itu, foto dari profil Facebook para penggemar dimasukkan ke dalam adegan.   

Billboard Social 50 adalah peringkat para artis penyanyi paling populer di Youtube, Vevo, Facebook, Twitter dan MySpace. Peringkat mingguan ini disusun berdasarkan penambahan teman, penggemar, followers serta berapa banyak laman social media resmi para artis itu di-views atau diputar lagunya.
 

Ketika menonton videoklip "Lost in Echo" melalui microsite, fans diminta untuk logindengan  menggunakan koneksi Facebook untuk mempersonalisasi pengalaman menonton mereka. Aplaikasi yang sudah tersedia kemudian akan mengambil secara acak gambar dari Facebook para penggemar yang sudah login dan otomatis masuk kedalam video. Foto-foto para penggemar itu dibuat secara otomatis berinteraksi dengan personil Linkin Park. Permainan seperti ini sangat menarik minat para fans untuk ikut berinteraksi.

Tombol sharing Twitter dan Facebook dibagian bawah halaman microsite mendorong pengunjung untuk berbagi, ini mempengaruhi perhitungan peringkat mingguan buat artis. Linkin Park mengalami peningkatan 10 % dari keseluruhan basis fans di social media seperti penambahan 27.000 penggemar di MySpace, 116.000 'like' di Facebook, serta 27.000 followers baru di Twitter.


Sementara pemuncak chart minggu ini masih dipegang Psy dengan "Gangnam Style" yang berhasil mempertahankan posisi dengan peningkatan sebesar 14% secara keseluruhan di social media. Nama Psy semakin popular di Amerika - dan ini membuat banyak orang ingin menonton videoklipnya - apalgi ketika banyak artis besar yang tertarik dengan gaya dansa penyanyi Korea ini. Setelah Justin Bieber, Nelly Furtado, belakangan ini kian banyak artis yang ikut terpikat. Diantaranya Britney Spears dan Vanessa Hudgens yang mem-posting dansa Gangnam mereka ke Youtube. Psy juga tampil di acara MTV Music Awards dan 'Morning Buzz' di VH1.


by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!