"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 03 September 2012

Down: Lebih dari Sekadar Band Metal

Sumber  www.ghiboo.com

Oleh : Wahyu Munajat

Melebihi hubungan sekedar rekan band, Down adalah sekumpulan saudara tidak sedarah yang disatukan oleh persahabatan, heavy metal tradisional dan New Orleans. 

Dengan kualitas hubungan layaknya keluarga dipastikan tidak ada tekanan internal diantara mereka, bahkan keluarnya basis Rex Brown diterima dengan baik oleh vokalis Phillip Anselmo, 

"Rex adalah saudaraku, jadi aku akan tetap menerima kenyataan bahwa ia memiliki ide yang berbeda tentang bagaimana band ini berjalan. Aku rasa disanalah Rex ingin berada, dan itulah musik yang ingin dimainkannya. Kami harus menghormati itu," ujar Phillip Anselmo.

Begitu juga ketika membicarakan tentang perkembangan album mereka yang terkesan lambat, dalam 21 tahun sejak terbentuk tahun 1991, Down baru merilis 3 album penuh dan tidak pernah berkompromi dengan tekanan industri rekaman. Mereka hanya menulis musik berdasarkan gairah terhadap heavy metal tanpa peduli tren yang berkembang saat ini. 

"Kami mendengar metal telah mati dalam 20 tahun terakhir. Saat aku masih bersama Pantera, tentu saja heavy metal telah mati. (Meniru suara petinggi label) 'Aku tak yakin kalian mampu menjual banyak tiket pada tur ini,' lalu ada genre baru bernama nu-metal yang coba mengambil alih dunia. "Lihatlah yang terjadi, heavy metal tidak akan pernah mati bung, tidak pernah," ujar Phillip Anselmo pada Metal Hammer. 

Lima tahun setelah Down III: Over The Under, gerombolan New Orleans, Louisiana ini siap masuk studio demi merilis 4 seri E.P secara terpisah. 

Menurut Phillip Anselmo keputusan merilis E.P merupakan hal yang realistis jika melihat keadaan band saat ini, "Buat saya, E.P tidak menjadikan kami stres. Kami punya hubungan yang luar biasa di Down, tapi saat kami berkutat untuk sebulan atau dua bulan, menulis 12 sampai 15 lagu, itu sangat mengganggu secara emosi," tegas Phillip.

Saat ini kami telah mempersiapkan 6 lagu telah disiapkan bersama basis Crowbar, Patrick Bruders untuk seri E.P pertama yang terpengaruh oleh Black Sabbath, Saint Vitus dan Witchfinder General, "Ini rekaman doom metal murni," tutup Phillip.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!