"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Selasa, 25 September 2012

Gara-Gara Youtube The Painkillers Berencana Menuntut Mantan Label

The Painkillers berencana menuntut mantan labelnya atas kekeliruan penggunaan copyright untuk Youtube. Apa pasal?

Band indie ini sangat terkejut ketika videomusic mereka berjudul "Palsu"yang diunggah ke situs Youtube tak bisa di akses lagi. Bahkan 9000-an viewers yang sudah menonton video mereka juga hilang tak berbekas.

Sekarang ketika coba searching video music mereka di Youtube dengan key-word 'the Painkillers - Palsu" yang muncul bukan videoklip tapi notifikasi kalau konten tak bisa diakses berhubung copyright berada dibawah sebuah label besar.

"Padahal kami sekarang tak terikat dengan label yang mengaku memiliki hak atas konten kami. Dulu memang ada tapi kontraknya sudah putus dengan baik dan sesuai prosedur," kata Arya, gitaris. The Painkillers berencana menuntut label tersebut untuk mengembalikan hak mereka agar bisa mengunggah lagi videomusic dengan bebas ke Youtube.

Bisa jadi ini kasus pertama yang terjadi menyertai kehadiran Youtube di tanah air. Kejadian yang menimpa The Painkillers bisa menjadi contoh kasus agar angin segar kehadiran Youtube tak meminta korban dikalangan industri musik.

by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!