"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Selasa, 04 September 2012

Glenn Cari Inspirasi Musik di Lokananta

Sumber  www.ghiboo.com

Oleh : Donda Naibaho
Beranjak dari kegelisahan Glenn Fredly akan kualitas musik tanah air, membuat ia mencari inspirasi untuk terus melanjutkan karier musiknya. Sampai akhirnya inpirasi itu berlabuh di studio rekaman bersejarah di Indonesia, Lokananta.

Bagi musisi asal Maluku ini, permasalahan industri musik tanah air bukan lagi tentang pembajakan, tetapi tidak jelasnya identitas musik Indonesia. "Semua orang bicara tentang pembajakan. Saya pikir di era sekarang ini sudah enggak logis kita bicarakan tentang pembajakan, sudah enggak bisa di stop," ujar Glenn usai menggelar konser, di Istora Senayan, Senin (3/9) dini hari.


"Saat ini, identitas musik adalah yang terpenting, itulah kegelisahan saya. Identitas musik Indonesia ini di mana? Dari situlah saya berangkat."


Sampai akhirnya Glenn pun menemukan jawaban tentang identitas musik tersebut di salah satu studio musik bersejarah, Lokananta, yang berada di Solo.


"Saya mencari sumber musik Indonesia, ternyata di Lokananta. Salah satu tempat yang luar biasa, harta karun kita, saya bisa lihat pahlawan-pahlawan musik disana. Lagu Indonesia Raya, lagu Rasa Sayang-Sayange pertama kali direkam di sana. Sekitar ada 75.000 keping rekaman di sana," tambah mantan suami Dewi Sandra ini.


Berangkat dari mengagumi studio pertama di Indonesia tersebut, terciptalah insipirasi Glenn untuk menggelar konser tunggalnya, Cinta Beta yang sukses digelar, Minggu (2/9) kemarin di Istora Senayan (Baca liputannya di sini).


Tidak hanya membangkitkan semangat Glenn untuk menggelar konser, tetapi studio Lokananta juga mendorong penyanyi bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini membuat album barunya, DVD Glenn Fredly Live in Lokananta.


Awalnya, Glenn berpikir ingin merilis album DVD Glenn Fredly Live in Lokananta saat pergelaran konsernya, tapi niat itu dibatalkan. Rencananya, Album DVD tersebut akan dirilis pada 30 September mendatang, tepat dirinya berulang tahun.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!