"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 10 September 2012

Kicauan di Twitter Kini Bisa Berubah Menjadi Musik Instrumental

Sumber  www.salingsilang.com



Bagaimana jadinya jika berbagai kicauan yang ada di linimasa dikumpulkan, dianalisis, dan dikonversikan ke dalam bentuk untaian musik instrumental? Jawabannya adalah The Listening Machine. Sebuah alat hasil pengembangan dari pakar teknologi Daniel Jones dan pemain cello/komposer Peter Gregson. Bekerja sama dengan Britten Sinfonia, kedua orang ini akhirnya mampu mengubah sekitar 500 kicauan yang berasal dari tweeps di seluruh Inggris menjadi untaian musik instrumental.

Berbeda dengan aplikasi The Social Radio yang memungkinkan Anda mendengarkan tiap kicauan di linimasa secara text to speech. Cara kerja dari The Machine ini adalah memantau kicauan 500 tweeps yang dipilih secara proporsional sesuai dalam delapan bidang pekerjaan (nama-nama mereka sengaja tidak dipublikasikan). Setelah terkumpul, kicauan tersebut kemudian akan dianalisis berdasarkan pada tiga kategori, yaitu:
  • Bidang pekerjaan berupa; seni, bisnis, pendidikan, kesehatan, politik, ilmu pengetahuan, olahraga dan teknologi.  
  • Sentimen yang terkandung dalam setiap kicauan (positif, negatif, atau objektif)
  • Prosodi atau mengkaji irama bicara dan intonasi yang nantinya akan diurutkan ke dalam bentuk nada-nada.


Segala bentuk analisis tadi kemudian diterjemahkan dalam bentuk musik instrumental oleh konduktor dan disiarkan melalui internet dalam bentuk audio streaming yang juga bisa Anda dengarkan di thespace.org.



Seperti dilansir dari wired.com, Sabtu (8/9/2012), tujuan dari pengembangan tool ini merupakan instalasi musik enam bulan yang terdiri dari pikiran, pendapat, perasaan, dan percakapan para penduduk Inggris melalui Twitter, lalu mengkonversinya dalam bentuk musik. Proyek musikal tweet yang didanai oleh BBC dan Arts Cuncil ini “mengudara” selama 24 jam penuh setiap hari mulai Mei hingga berakhir pada Oktober 2012 mendatang.

Sumber gambar: screenshot Youtube
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!