"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 05 September 2012

Toy Dolls: Punk's Not Dead!

Sumber www.ghiboo.com

Oleh : Wahyu Munajat

Toy Dolls, band asal Sunderland, UK yang terbentuk di era 70-an ini terbilang berbeda dari band punk kebanyakan. 

Alih-alih menulis lirik tentang working class atau anti pemerintahan, lagu mereka malah kerap bercerita hal-hal ringan menjurus lucu. 

Mulai dari kisah seorang kawan yang tinggal di pemukiman kumuh, seorang istri yang ditinggal suami hingga seorang lelaki yang ditinggal kekasih, semua dibalut dalam musik punk rock dengan tempo cepat dengan not catchy.

Album pertama, Dig That Groove dirilis pada 1983 dan langsung mengangkat nama mereka dari scene lokal, mulai dari  bar-bar hingga street gigs di seputaran Sunderland. Tak sedikit yang memandang miring lantaran cerita lagu mereka yang minim perlawanan layaknya band sejenis di era yang sama, tapi mereka tetap bertahan. 

Hingga 30 tahun kemudian, mereka tetap bertahan. Beberapa kali bongkar pasang personil hingga akhirnya 'hanya' menyisakan Michael 'Olga' Algar, sang gitaris yang kemudian menjadi vokalis dan icon band ini. Sekarang Toy Dolls beranggotakan Olga, Duncan 'The Amazing Mr. Duncan' Redmonds (drum) dan Tom 'Tommy Goober' Blyth (bass).

Di tahun 2006 sempat beredar kabar mereka akan berhenti berkarya, rumor ini diperkuat dengan dirilisnya album ke-14 bertajuk Our Last Album? 

Namun harapan mereka untuk pensiun tidak bisa terealisasi, karena dua tahun kemudian album Treasure Toy Dolls Live Track dirilis. Mereka juga sempat berkeliling Eropa dalam sebuah tour yang bertajuk Our Last Tour? Hingga akhir tahun. 

Selain sibuk tur, para personil, terutama Olga sang frontman juga sibuk berbagi ilmu lewat beberapa tutorial yang mereka unggah cuma-cuma di situsnya. Akhir 2011 lalu, single Credit Crunch Christmast dirilis. Sebuah single untuk merayakan natal, single ini merupakan teaser dari album terbaru mereka berjudul The Album After The Last One, yang dirilis beberapa bulan lalu.

Akhirnya Toy Dolls terus dan terus berkarya. Semangat mereka dalam bermusik memberikan sinyalemen bahwa mereka masih mengusung semangat Punk's Not Dead dan mereka tak akan pernah mati. Di usia yang sudah tidak lagi muda ini mereka masih terus berkarya.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!