"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Minggu, 14 Oktober 2012

Kampanye Sosial @CaptainJackBand Berlanjut di Album Keempat [via @TRAXMagz]

Akhirnya Captain Jack kembali merilis album terbaru self-titled, Captain Jack pada Jum’at (12/10) kemarin. Bertepatan dengan perilisan album, mereka melakukan direct selling selama tiga hari di tiga kota yang meliputi Jogja, Solo, dan Semarang bersama Mahakarya Inc, label baru Captain Jack.

Di album keempatnya, Captain Jack andalkan tembang “Kupu-Kupu Baja” sebagai single pertama. “Seperti biasa, album kali ini kami garap ‘mandiri’ hampir di semua aspek, dari recording, editing, sampai tahap mixing, tapi kali ini mastering di garap sama Mas Indra Q, “ papar Momo kepada TRAX (12/10).


Proses penggarapan album keempat ini memerlukan waktu empat tahun, hal tersebut dikarenakan mereka sibuk berkutat dengan segudang show juga aktif melakukan kampanye sosial, “Memang butuh waktu lama untuk memikirkan konten-konten dalam lirik di album baru, maklum rata-rata kebanyakan mikir,” jelas sang frontman.

Salah satu kampanye yang dilakukan Captain Jack sendiri ialah tentang perempuan Indonesia yang susah untuk menjadi sesuatu yang lebih karena adanya budaya patriaki  di masyarakat, “Kami bersyukur ternyata banyak teman-teman kami yang mau mendukung kampanye yang tidak ‘populer’ ini, karena ternyata budaya-budaya tidak ideal yang coba kami lawan ini masih banyak peminatnya. Banyak yang mati-matian membela budaya yang sudah ada turun temurun ini, dari mulai orang-orang fundamentalis yang masih mengagungkan patriarkisme dan para penikmat ketidaksadaran.”

Tentu tidak semua orang dapat menerima maksud dari kampanye ala Captain Jack, kendati demikian mereka tetap yakin bahwa, “Apapun kampanye kami, ini adalah sebuah ide, ide akan jadi sesuatu yang besar ketika banyak yang percaya, hingga kami matipun kami yakin ide ini akan tetap tumbuh.”

Captain Jack pun berkeinginan untuk membuat “Indonesia yang lebih baik” melalui karya bermusiknya. Mereka tak ambil pusing soal hiruk pikuk unduhan gratis yang tidak legal, “Kita harus sadar bahwa membangun sebuah industri harus ada penghargaan yang jelas atas sebuah karya, tidak cuma asal teriak “anti-piracy” tapi tidak melakukan apapun untuk mendekatkan diri dan memberi edukasi pada penggerak roda industrinya yaitu penikmat dari karya itu sendiri.

Hari ini (14/10) merupakan hari terakhir direct selling album Captain Jack yang berlabuh di Trax FM, Semarang selama satu jam dimulai pukul 7 malam. Dimana bagi 100 pembeli CD akan mendapatkan tanda-tangan para personil berbonus poster Captain Jack. <pohan
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!