"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Kamis, 01 November 2012

Potongan Bass Properti Video "Smells Like Teen Spririt" @Nirvana Dilelang


Nirvana

Tak bisa disangkal kalau videoklip "Smells Like Teen Spirit" tidak hanya sekadar meorable, tapi lebih dari itu. Video ini adalah penanda sebuah revolusi menuju era baru musik pop dunia. Bukan hanya musik tapi juga era baru musik video.  Bayangkan betapa besar sumbangsih video itu terhadap dunia.

Banyak penggemar pasti mengingat bagian akhir dari videoklip yang menjadi scene ikonik ketika Kurt Cobain menghancurkan bas milik Novoselic. Nah, lebih dari dua dekade kemudian, bagian dari gitar bass yang hancur itu akan dilelang. Balai lelang Christie London telah mengumumkan lelang pada 29 November dan mereka berharap bisa terjual dalam kisaran 25-40.000 US dolar.

Sejarah dari bass itu juga telah terungkap, ArtDaily melaporkan bahwa bassist Krist Novoselic membeli bass Japanese Zen-On buatan tahun 1960 dari sebuah toko gadai, saat mencari bass yang murah untuk properti karena ia tahu pada akhirnya akan hancur saat pengambilan gambar videoklip.

Menurut cerita, sisa-sisa dari bass yang hancur itu dibawa pulang oleh seorang remaja yang menjadi figuran dalam video. Sang remaja itu tak menyangka kalau puing bass yang hanya dianggapnya souvenir biasa ternyata menjadi barang mahal dikemudian hari.

Bass tergabung dalam memorabilia musik lainnya yang akan dijual kepada penawar tertinggi dalam lelang, termasuk buku tahunan SMA (1958) ditandatangani oleh Bob Dylan ketika ia berusia 17 tahun (dengan nama asli Robert Zimmerman) serta sebuah jumpsuit milik Mick jagger yang dipakainya manggung di Madison Square Garden tahun 1972.




by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!