"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 12 Desember 2012

Ayah @NorahJones, Maestro Sitar Ravi Shankar Meninggal Dunia




Kabar duka bagi dunia musik, maestro sitar Pandit Ravi Shankar yang juga ayah dari penyanyi Norah Jones meninggal dunia di San Diego, California. The Ravi Shankar Foundation mengumumkan kalau mendiang meninggal pada usia 92 tahun.

Musisi dan komposer legendaris ini telah menderita masalah pernapasan serta jantung sejak tahun lalu dan menjalani operasi penggantian katup hati pada Kamis lalu. Meskipun operasi itu berhasil, pemulihannya terlalu sulit bagi sang maestro.

Ia meninggalkan istrinya Sukanya, putrinya Norah Jones dan Anoushka Shankar Wright, 3 cucu, dan 4 cicit.

Dalam beberapa bulan terakhir, melakukan pertunjukan, apalagi tour, menjadi hal yang sulit bagi Shankar. Namun, kesehatan tidak bisa mencegahnya untuk tampil bersama putrinya, sitarist Anoushka Shankar Wright, pada 4 November di Long Beach, Dan itu menjadi pertunjukan terakhirnya di depan pulik.

Shankar mulai belajar sitar tahun 1938 ketika berusia 18 tahun. Tahun 1960-an namanya mendunia berkat pertemanan dengan George Harrison, gitaris The Beatles. Ravi Shankar ikut tampil di Woodstock tahun 1969 dan ikut berpartispasi dalam Concert for Bangladesh yang digagas Harrison. Shankar mengabdi untuk musik, khususnya sitar hampir disepanjang hidupnya. Baru-baru ini namanya masuk dalam nominasi Grammy Awards 2013.

In this February 7, 2012 photo, sitar maestro Pandit Ravi Shankar performs at a concert in Bangalore. Photo:V Sreenivasa Murthy
The HinduFoto 7 Feb 2012 saat tampil di Bengalore, India.

 


by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!