"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 15 Mei 2013

Nominasi Burgerkill dalam Golden Gods 2013

Press Release

“Metal isn’t just a genre – it’s a state of mind”

Kalimat tersebut tertulis sebagai pembuka deskripsi pada laman kategori “Metal as Fu*k” di www.goldengods.metalhammer.co.uk . Pernyataan tersebut sekaligus menegaskan bahwa musik Metal tidak hanya dimaknai sebagai sebuah aliran musik, namun juga sebagai sebuah sudut pandang. Burgerkill – grup band asal Bandung yang tahun ini memasuki usia 18 tahun – tercantum sebagai salah satu nominasi dari kategori Metal as Fu*k.

Bersama Burgerkill, bersanding pula nama-nama raksasa yang ikut dinominasikan di dalam kategori yang sama. Nama-nama lain yang berjejer dengan Burgerkill sama sekali tidak bisa diremehkan: Jason Newsted – mantan bassist Metallica, proyek konservasi lingkungan besutan Gojira Sea Shepherd, Nergal yang merupakan frontman band Black Metal Behemoth dan Pussy Riot, band Punk yang baru-baru ini mencuri perhatian masyarakat global karena berdiri melawan pemerintahan Rusia.

“Sempat ada kawan dari Metal Hammer yang singgah di Indonesia. Ia menyaksikan Festival Bandung Berisik dan menonton kami bermain live,” jelas Eben, gitaris Burgerkill. Pemberian nominasi tidak hanya menyangkut kepada Burgerkill, tapi juga berkaitan erat dengan skena musik Metal di Indonesia yang dinilai bernas dan punya daya ledak tinggi. “Indonesia sudah dijadikan pemberhentian sejak era 90an, tapi makin ke sini eksistensi kita semakin mendapat pengakuan,” lanjutnya.

Walaupun proses adaptasi Indonesia terbilang lambat, dunia melihat bahwa skena Metal yang ada di Indonesia punya dinamika yang terbilang sangat tinggi. Eben menjelaskan bahwa orang Indonesia menjunjung tinggi karya musik lokal, dan itu yang menjadi posisi tawar lebih bila dibandingkan dengan negara lain. “Nominasi Golden Gods ini banyak menyumbang energi positif untuk Burgerkill, namun kami melihat kesempatan ini tidak hanya sebagai pencapaian Burgerkill, tapi juga sebuah babak baru dalam musik kita (Indonesia) di mata dunia,” pungkasnya.

Sebagai band, kiprah Burgerkill juga merupakan bagian tak terpisahkan dari Komunitas Ujung Berung Rebels; sebuah pergerakan anak muda kolektif terbesar di Jawa Barat (atau bahkan di Indonesia!) yang berbahan bakar musik Metal dan kebudayaan lokal. Selama perjuangannya pada 24 tahun, komunitas ini berhasil menggiring Metal tidak hanya dalam konteks musik, namun juga dalam koridor makna dan pemahaman yang lebih universal.

Burgerkill akan berangkat ke London pada 17 Juni 2013 untuk menghadiri malam penganugerahan Golden Gods 2013. Dalam acara yang akan digelar di Indigo2 Venue ini juga bertengger nama-nama besar yang akan menghajar panggung; Motorhead salah satunya. Dukung Indonesia dalam ajang Golden Gods 2013, sumbangkan suaramu untuk Burgerkill di http://bit.ly/BKgoldengods



(Oleh: Teguh Wicaksono / Musikator)


by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!