"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 22 Juli 2013

Strange Mountain Rilis Enam Album di Empat Negera Berbeda

via traxmagz.com

Strange Mountain Keluarkan Enam Album di Empat Negara Berbeda

Strange Mountain yang merupakan proyek bermusik Marcel Thee dari Sajama Cut kembali menghasilkan karya terbaru lewat rilisan album dalam bentuk kaset.

Enam album yang berbeda akan dirilis di empat negara yang berbeda. Album pertama dari seri ini belum lama telah dirilis oleh label asal Chicago, Amerika, Lilerne Tapes. Album yang berjudul Slow Midnight tersebut ludas dalam jangka waktu 1 minggu, mayoritas pada pangsa Amerika.

Pada tanggal 2 Juni lalu, label Metaphysical Circuits dari Denmark merilis album Strange Mountain berikutnya, bertajuk Childhood. Selang beberapa minggu ke depan, Sacred Phrases dari Indiana, Amerika akan merilis Rustic Ocean, Ginjoha Tapes dari Jepang akan merilis Forgiveness, Crash Symbols dari Virginia, Amerika akan merilis Language Sea, dan Carpi Records dari Dijon, Perancis akan merilis Ghost Rails.

Di tahun 2013 ini pula, masih ada kemungkinan akan ada beberapa album Strange Mountain lain yang dirilis lagi sesudah itu, "Strange Mountain ini sebenarnya projek yang benar-benar personal jadi tadinya hanya beberapa orang yang tahu, namun scene musik eksperimental internasional memang cukup erat, sehingga dirilisnya satu album di sebuah label kadang membuat label yang lain tertarik. Semua perjanjiannya pun lebih berdasarkan pertemanan dan bukan bisnis, " ungkap Marcel yang dikutip dari rilis pers yang diterima TRAX.

Soal pemilihan rilisan dalam bentuk kaset, ia punya alasan tersendiri, "Proses eksperimentasi-nya memang ada, tapi lebih ke sisi pengolahan suara, misalnya mem-filter beberapa komposisi strings dan brass melalui kaset tua yang pitanya mulai memuai. Tapi aransemennya sendiri lebih tradisional, ke musik-musik neo-klasik dan minimalis, " jelas musisi yang juga memiliki karir sebagai musisi solo tersebut.

Di beberapa lagu, nuasa field-recording atau rekaman suara lapangan - seperti suara anak-anak yang sedang bermain ataupun suara lautan - juga banyak terdengar, memberikan nuansa melankolis dan nostalgia ke lagu-lagu tersebut.

"Musik Strange Mountain dibuat untuk menjadi soundtrack dalam mengingat masa-masa muda yang lebih pure, " papar Marcel. Ia pun menambahkan, "Semuanya lebih tentang mempresentasikan nuansa yang pekat akan masa lalu, dan bukan musik dengan komposisi konvesional."

Tak sekadar dalam bentuk kaset, rencananya Strange Mountain juga akan menerbitkan box set, "Let me just say STRANGE MOUNTAIN BOX SET COMING 2014, " berbunyi dari akun Twitter @MARCELTHEE (12/7).

Sementara itu, Sajama Cut sendiri saat ini tengah disibukkan dengan proses rekaman album terbaru. <pohan

by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!