"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 18 Desember 2013

Sister in Danger Tour: Diskusi Musikal Stop Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan


Siaran Pers

Band Simponi (juara II Kompetisi Internasional Musik Anti-Korupsi di Belgia/Brasil, 2012) bersama Lembaga Pengabdian Hukum YAPHI menyelenggarakan 'Sister in Danger Tour', tur diskusi musikal stop kekerasan seksual terhadap perempuan ke 3 kota di Jawa Tengah pada 17-19 Desember 2013.

Data dari Komisi Nasional Perlindungan Anak pada Januari-Juni 2013, ada 535 kasus kekerasan seksual terhadap anak perempuan. Sedangkan data dari Komnas Perempuan tahun 2012, ada 4.336 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan (14 kasus perkosaan berkelompok -gang rape-). Jika dirata-rata sejak tahun 2001 sampai 2013, setiap hari 35 perempuan Indonesia menjadi korban kekerasan seksual. Mayoritas pelaku kekerasan seksual ini adalah orang yang dekat korban, yaitu ayah, paman, kakek, abang, tetangga, sampai dengan teman sekolah/kuliah/kantor si korban.

Tur diskusi musikal adalah kombinasi dari presentasi, diskusi dan pentas musik akustik selama 2 jam di aula sekolah/balai warga, dimana band Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi) mengajak peserta perempuan dan laki-laki untuk bersama-sama mendiskusikan persoalan kekerasan seksual ini. Remaja diberi informasi yang cukup dan lengkap tentang kekerasan seksual: siapa pelaku, siapa korban, berbagai jenis kekerasan, dasar hukum, kesetaraan gender, bagaimana mencegah/melawan, kenapa harus bersimpati kepada korban dan penyintas (survivor), bagaimana agar laki-laki menghormati perempuan dalam ucapan & tindakan sehari-hari, bagaimana agar perempuan berani menolak ucapan/tindakan yang melecehkan dan berani melaporkan jika menjadi korban.

Karena bentuk acaranya diskusi musikal, maka di sepanjang presentasi dan diskusi, band Simponi terus memainkan instrumen musik dan beberapa lagu yang relevan dengan materi yang sedang dibahas.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!