"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 14 April 2014

Lagu RHCP dipakai interogasi tahanan, Chad Smith marah



 

Drummer Chad Smith menunjukkan rasa kesal dan marah ketika menanggapi berita yang menyatakan kalau CIA menggunakan lagu-lagu RHCP dalam bagian dari teknik interogasi terhadap tahanan penjara teroris Guantanamo.

Dalam laporan Al Jazeera yang dikutip dari pejabat Amerika Serikat, dikonfirmasi bahwa teknik ini telah digunakan kepada para tahanan semasa pemerintahan George Bush setelah serangan 11 September 2001.

"Musik kami adalah positif , " kata Smith kepada TMZ , ketika reporter dari media tersebut menanyakan hal itu "Lagu-lagu kami seharusnya membuat orang merasa baik, jadi teknik interogasi itu sangat menjengkelkan buat saya," tambah sang drummer.

Dalam laporan Al Jazeerah, tahanan bernama Zayn al-Abidin Muhammad Husayn Abu Zubaydah menjadi sasaran perang syaraf dengan memutarkan lagu Chili Peppers secara berulang-ulang selama dipenjara antara Mei sampai Juli 2002. Namun laporan itu tak merinci lagu apa yang diputar.

“Ini sangat menyedihkan. Mereka tidak harus melakukan itu. Saya tidak mau lagu yang kami ciptakan dengan hati diperlakukan untuk kepentingan yang buruk. Ini menakutkan,” kata Smith lagi ketika melampiaskan amarahnya.

Cara interogasi seperti ini bukanlah hal baru. Laporan sebelumnya mengatakan kalau lagu Metallica dan Skinny Puppy juga digunakan untuk hal yang sama. Bahkan Skinny Puppy mengancam akan menuntut FBI atas penggunaan layanan lagu yang tidak semestinya tanpa ijin.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!