"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Selasa, 13 Mei 2014

Bangkutaman rilis single "Iblis Jalanan"


 Press Release


Grup band Bangkutaman memotret sisi liar kehidupan jalanan Jakarta di waktu malam lewat single barunya, Iblis Jalanan.

Sebagai kota metropolitan, Jakarta punya segudang pemandangan yang menarik untuk disimak. Banjir, Kemacetan, Kriminalitas, dan lain sebagainya, semua menjadi obyek yang hangat untuk dibicarakan, tak terkecuali kehidupan malam Jakarta yang liar.

Liar kehidupan malam di jalanan di Jakarta ini lah yang ingin dipotret Bangkutaman lewat single terbarunya yang bertajuk “Iblis Jalanan”.

Direkam di Red Sparkle Studio, Depok pada 14 - 16 April yang lalu, “Iblis Jalanan”, tajuk single teranyar bangkutaman ditulis oleh J. Irwin, lagu ini bercerita tentang kehidupan di jalan, terkhusus pengendara motor yang bak iblis, berbuat sesukanya, kadang tak kenal rasa takut dan kematian. Imbasnya, tidak sedikit kasus kecelakaan serta tawuran akibat balapan liar atau lainnya yang terjadi selepas jam 12 malam.

“Menarik melihat kehidupan liar di jalan, kita bisa temukan sisi yang belum pernah terlihat sebelumnya oleh kami, ” ungkap Irwin.

iblis jalanan” mencatat kali pertama bangkutaman bekerjasama dengan David Tarigan, sebagai produser musik juga music director dari single ini. Keterlibatan David Tarigan, mastermind di balik aksara records dan beberapa album musik terbaik tanah air, dari White Shoes and The Couples Company, dll, ini di bangkutaman bukan sekali ini saja, di mini album mereka, Garage of The Soul, yang dirilis 2005 oleh Blossom Records, David menuliskan liner notes yang panjang, membeberkan dengan panjang dan akurat tentang perubahan musikal bangkutaman di era itu.

“Peran seorang David Tarigan penting dalam perjalanan bangkutaman, kami memang menunggu momen ini, “ ujar Acum.

Adalah David pula yang juga memberikan pencerahan-pencerahan audio bagi bangkutaman saat mereka hendak membuat album Ode Buat Kota.

“Iblis jalanan” dirilis dalam format CD audio. Selain single ini, ada pula single mereka “Langkah Baru (revisited)”, lagu yang menjadi single, rilis digital tahun 2013 namun direkam ulang dengan versi yang disempurnakan, serta 2 materi outtakes dari sesi latihan lagu “Iblis Jalanan” dan “Langkah Baru”.

CD audio ini sudah dirilis tanggal 19 April, sebagai bagian dari ajang Record Store Day tahun ini yang digelar 2 hari. Selebrasi dari rilisan ini sendiri telah digelar di Heyfolks Shop, sebuah record shop di jl. Bumi, Mayestik, Jakarta Selatan, yang juga merupakan basecamp dari manajemen kolektif mereka bersama dengan band-band seperti Sore, L’Alphalpha, The Trees And The Wild serta The Experience Brothers yang dikenal dengan nama SRM Management.

Di acara yang digelar tanggal 20 April ini, bangkutaman bermain untuk kali keduanya, setelah sebelumnya di gelaran ARTE festival di Senayan, seraya menjual rilisan CD single mereka.

Tentu saja, lepas single “Iblis Jalanan” ini rilis, bangkutaman akan kembali melanjutkan rekaman-rekaman selanjutnya untuk kemudian dirilis dalam album yang akan menjadi album ketiga mereka.

“Mudah-mudahan bisa rilis tahun ini, tunggu saja tanggal mainnya, “ujar Dedyk, sang drummer tentang progress dari album mereka.

Semoga single “iblis jalanan” bisa mengobati rasa kangen pecinta musik bangkutaman dan semoga bisa memberi percikan warna-warna alternatif di kanvas musik tanah air.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!