"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Minggu, 05 Juli 2015

Setahun Konser Salam Dua Jari, Relawan Salam Dua Jari Meneguhkan Sikap

Press Rilis

Setahun Konser Salam Dua Jari, Relawan Salam Dua Jari Dukung Jokowi Teguh pada Janji Kampanye

Jakarta, Setahun lalu, di bulan suci Ramadhan, seratusan ribu relawan berkumpul di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Mereka menggelar Konser Salam Dua Jari untuk meneguhkan tekad, semangat dan harapan untuk mewujudkan mimpi bersama dengan mendukung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. 

Memperingati satu tahun peristiwa politik yang menjadi arus kembalinya dukungan ke Jokowi-JK itu, Relawan Salam Dua Jari mengingatkan kembali Jokowi untuk tetap teguh pada janji kampanye dan program pemerintah. 

"Bulan Ramadhan adalah saat yang baik untuk silaturahmi sambil mengingatkan kembali pemerintahan Jokowi-JK untuk mewujudkan janji kampanye dan menjalankan nawacita ke dalam program pemerintah lima tahun mendatang. Melakukan Revolusi Mental di setiap lapisan," kata Abdee Negara, salah seorang inisiator konser mewakili ratusan Relawan Salam Dua Jari  lainnya dalam keterangan pers di Jakarta, 05 Juli 2015.

Relawan Salam Dua Jari ini meminta keteguhan Jokowi pada janji yang pernah diucapkan di depan ratusan ribu pendukung dalam konser tersebut. Menunaikan janji, dipastikan akan mendatangkan kembali kepercayaan dukungan rakyat yang berlapis-lapis. Relawan salam dua jari masih tetap optimis bahwa Jokowi-JK akan tetap memenuhi janji kampanyenya  dan berani mengambil keputusan yang pro rakyat.

Bagi Relawan Salam Dua Jari, harapan mereka belum sirna untuk memiliki pemerintahan yang welas asih pada rakyat, pemerintah yang kuat, bermartabat dan mampu membawa negeri ini di kancah global. Untuk membuktikan itu, Jokowi diminta banyak mendengar suara rakyat, berani bersikap tegas dan melayani kepentingan rakyat banyak di atas melayani satu dua kelompok. Optimisme dan harapan harus terus dirawat dan ditumbuhsuburkan bahwa negeri ini akan menjadi negeri hebat.

Mengenang Konser Salam Dua Jari sendiri, Abdee menilai konser tersebut merupakan menjadi arus kembalinya dukungan
yang sempat hilang. Dukungan yang nyaris lenyap digerus oleh fitnah dan dihantam badai kampanye hitam. 

Tidak sedikit di antara para pendukung Jokowi-JK yang datang ke GBK Senayan adalah mereka yang selalu golput. Banyak juga yang selalu apatis. Bahkan ada juga yang terjun menjadi bagian perhelatan politik karena tak mau lagi berpangku tangan. Mereka adalah rakyat yang memiliki semangat dan harapan akan perubahan. Merekalah yang menyebabkan pendukung Jokowi-JK tidak didominasi oleh pegiat partai politik. Di berbagai sudut se-antero Nusantara rakyat berduyun-duyun membangun posko relawan. Struktur non partai terbukti bekerja.

Perjuangan rakyat semacam itu merupakan pondasi pemerintahan ini. Rakyat ingin ada perubahan agar negara ini lebih adil, lebih makmur, lebih sejahtera. Di atas segalanya, rakyat ingin negara ini lebih manusiawi.

Memilih mendukung Jokowi, bagi relawan, adalah refleksi kita sebagai orang biasa. Relawan ini ingin menjadi bagian dari sejarah yang menjadikan orang biasa menjadi pemimpin yang luar biasa. Jokowi bukan keturunan pembesar negeri ini, bukan titisan keluarga pahlawan, juga bukan anak pejabat, keluarga kolong. Ia dari kalangan orang biasa. Jokowi itu prototype kita semua. Bahwa tidak ada halangan bagi santri biasa menjadi pemimpin pondok, dosen biasa bukan anak ketua yayasan untuk menjadi rektor, anak petani biasa bisa menjadi doktor-professor, pengamen bisa jadi musisi terkenal. Kalau Jokowi gagal maka hancurlah prototype yang kita banggakan. Dengan segala daya dan upaya yang berdasarkan hati nurani, Jokowi harus berhasil memimpin negeri ini lima tahun mendatang.

Konser Salam Dua Jari dihelat di Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, 05 Juli 2014. Ratusan ribu massa berbaju kotak-kotak memadati penjuru stadion. Sepanjang siang hingga waktu berbuka, secara bergantian musisi, budayawan, seniman, selebriti bergantian mengisi acara. 

Para pekerja industri kreatif tersebut sebagian besar tergerak turun ke gelanggang politik mendukung Jokowi-JK yang dalam berbagai survei politik terus mengalami penurunan dukungan. Selang beberapa bulan setelah dinyatakan sebagai pemenang, Jokowi-JK dalam berbagai kesempatan mengakui konser tersebut mampu memberi efek besar dukungan pemilih. 

Salam Dua Jari!!

by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!