"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 15 Agustus 2016

Bali International Triathlon yang ke-9 Digelar di Sanur


 
 

BALI - Perhelatan Bali International Triathlon yang ke-9 kembali digelar di Mertasari Beach, Sanur, Bali, tanggal 14 Agustus 2016.  ”Peserta diperkirakan 1500 pelari dari dalam dan luar negri,” ujar Sport Manajer Bali Internasional Triathlon Panji Buana. tahun sebelumnya, panitia pelaksana menggunakan lokasi Jimbaran sebagai venue. Tahun 2016 ini, menggunakan kawasan Sanur sebagai lokasi perlombaan. Panji menambahkan, alasan Sanur sebagai titik sentral karena Jimbaran sudah terlalu padat untuk perlombaan.

”Di Sanur sana terkenal dengan spot matahari yang bagus. Sementara untuk lomba sepedanya akan melewati Jl. Ngurah Rai dan para peserta akan melewati beberapa desa dan hotel di sana, jadi nuansa baru. Di sanur tepatnya kami menggunakan pantai Mertasari," kata Panji.

Bali International Triathlon telah jadi incaran semua penggemar Triathlon Indonesia dan dunia, berkat kemasyhuran lokasi yg ikonik dan pengalaman lomba yg belum tertandingi. Pertandingan ini sukses memenangkan berbagai penghargaan, termasuk Best Destination Triathlon. Tahun ini pertandingan triathlon meliputi tiga cabang dengan tingkat kesulitan berbeda:  Olympic (Renang 1.5 km, Balap Sepeda 40 km, Lari 10 km), Sprint (Renang 500 m, Balap Sepeda 20 km, Lari 5 km) dan 5K Fun Run, yg diharapkan bakal diikuti 1.500 peserta.

Ada dua kategori dalam lomba tiga cabang (renang, lari, sepeda) ini yaitu Olympic Distance dan Sprint Distance. Kategori Sprint Distance sendiri dibagi lagi ke dalam dua kelas yakni individu dan relay."Untuk Olympic peserta akan berenang sepanjang 1,5 km, kemudian sepeda 40 km, dan lari 10 km. Sedangkan sprint akan berenang sepanjang 500 meter, sepeda 20 km, dan lari 5 km. Di kelas ini untuk relay pesertanya bisa adalah tim, jadi masing-masing cabang akan dilakukan masing-masing," ucap Panji

Panji optimistis gelaran tahun ini akan lebih banyak menyedot animo masyarakat. Pasalnya selain view yang ditawarkan juga baru, ia juga melihat dua pekan jelang perlombaan sudah ada sekitar 1.064 peserta yang mendaftar untuk ikut.Beberapa nama atlet nasional seperti Jauhari Johan, Andi Wibowo, hingga mantan Olimpian Richard Sam Bera juga akan ikut ambil bagian. Sedangkan dari peserta asing di antaranya ada Robins Mitchell, juara bertahan Bali Triathlon dari Australia. Selain itu ada peserta dari Jepang, Korea, dan Australia.

"Sekarang ini sudah ada 1.064 yang mendaftarkan diri untuk ikut. Hampir 90 persennya adalah peserta dari lokal. Sementara sisanya adalah peserta asing," sebut Panji.Faktor keamanan tidak lepas dari perhatian panitia pelaksana. Salah satunya adalah disiapkannya beberapa titik water station, dengan jarak masing-masing 2,5 km. Begitu saat berenang di laut, panitia juga menyiapkan life guide sebagai bentuk keamanan kepada peserta.

"Setidaknya ada 14 life guide. Mereka nantinya tidak akan diam di beberapa titik tetapi akan berputar supaya ketika ada peseta yang angkat tangan minta bantuan bisa segera diatasi. Sementara itu, kami juga sudah berkerjasama dengan pihak keamanan dan pacalang untuk membantu dalam hal keamanan. Mereka siap membantu untuk menyukseskan acara ini," jelas Panji.

Sementara itu, Richard Sam Bera, yang juga merupakan wakil ketua Federasi Triathlon Indonesia, mengaku senang dengan kontiniuitas ajang itu. Menurutnya, ini menjadi langkah bagus bagi pihaknya yang akan mempersiapkan atlet menuju SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Richard menyatakan bahwa olahraga telah jadi bagian Hayati orang Indonesia untuk melonjakkan kualitas hidupnya. Ia sendiri telah delapan kali mengikuti International Triathlon di Bali. Panorama indah Bali, diakuinya, jadi Disorientasi satu alasan keikutsertaannya dari tahun ke tahun, kecuali penyelenggaraan perdana.

“Tahun ini, pindah ke venue baru, Sanur. Sejak diumumkan, saya sudah exciting. Kontur wilayah Sanur makin flat sehingga menarik untuk atlet triathlon pemula. Intinya Pergantian pemandangan sangat menarik. sesudah delapan tahun di Jimbaran, saat ini melihat pemandangan lain makin enak. Sanur terbukti keindahannya, kita harus bangga dengan Bali dan keindahan Indonesia kita,”ujar Richard.

Menpar Arief Yahya menyebut sport tourism adalah salah satu cara untuk menaikkan jumlah wisman di saat-saat bukan peak season. Meski dalam peta kunjungan wisman, event olahraga atau sport tourism itu hanya menyumbangkan sekitar 1,5-2% saja dari total wisman yang masuk. Tapi jika banyak event, otomatis akan menaikkan signifikan juga,” kata Arief Yahya. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!