"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Selasa, 02 Agustus 2016

Ritual Larung Keselamatan di Danau Toba


 

Pagi ini (2/8) dengan difasilitasi Kemenpar RI diselenggarakan Ritual Larung Keselamatan di Danau Toba jelang pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) yang akan berlangsung pada 20-21 Agustus 2016 di Parapat dan Baluge, Sumatera Utara. 

Ritual besar ini diselenggarakan terakhir lebih dari 10 tahun lalu. Tetua adat telah mengundang wakil dari semua subetnik Batak di sekitar Danau Tobak. Tujuannya adalah agar semua lancar dan bahagia dari awal hingga akhir acara. 

"Semoga semua lancar sejak persiapan hingga setelah pelaksanaan KKPDT. Tak Ada halangan dan rintangan. Aamiin," kata Fifi Hadiyanto, Ketua Panitia Pelaksana KKPDT. 

 
Ihan Batak

Ritual Adat harus menggunakan Ihan Batak bukan Ikan Mas. Ikan ini sudah mulai langka. Kemudahan mendapatkan ikan ini menjadi indikasi bahwa acara akan berjalan lancar dan selamat. Tanggung jawab ke depan adalah melestarikan ikan ini, species endemik Danau Toba. 

Ritual Larung Keselamatan ini berlangsung di tengah danau dalam antara Parapat, Balige dan Pulau Samosir. 


by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!