"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Minggu, 29 Januari 2017

118 Sinergi BUMN Support Pariwisata RI

 

 

LOMBOK -  Pekan ini, 10 destinasi prioritas bakal makin lincah bermanuver dalam  membangun wilayahnya. Persis dengan apa yang sedang dijalankan di Mandalika di Nusa Tenggara Barat. Jumat (27/1), ada 118 BUMN yang bersinergi untuk mempercepat pengembangan pariwisata di kawasan yang akan disulap menjadi ’10 Bali Baru’ itu.
“Alhamdulillah Indonesia Incorporated sudah running di sektor pariwisata. Terima kasih Kemen BUMN yang terus mengisi peran besar dalam pengembangan destinasi dan industri pariwisata,” ucap Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kemenpar, Hiramsyah S. Thaib, Jumat (27/1).
Jumat (27/1), Menteri BUMN Rini Soemarno memang terlihat ngotot menggalang sinergi 118 perusahaan milik negara di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain sudah dikunjungi Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Menpar Arief Yahya, Mandalika juga sudah ditetapkan ke dalam kawasan 10 destinasi prioritas. Ini merupakan projek andalan pariwisata Indonesia di Lombok. Itu sebabnya, pembangunannya harus cepat. Harus dikeroyok bersama 118 BUMN. Arahnya, percepatan pengembangan pariwisata di kawasan ini. 
“Kami menyerahkan bantuan CSR senilai total Rp9,5 miliar untuk pengembangan kawasan Mandalika. Bantuan ini menjadi bukti kehadiran BUMN bagi negeri dapat mendorong berkembang kawasan Mandalika sebagai salah satu destinasi pariwisata utama. Ini sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Mandalika,” kata Menteri Rini.
Soal potensi, Mandalika punya segalanya. Alamnya bagus. Budayanya sangat hidup. Masyarakatnya pun terkenal sangat ramah. Luas wilayahnya? Tiga kali lipat dari Kawasan BTDC Bali. Cakupan wilayahnya mencapai 1000 Hektare.
Pantainya? Tak kalah indah dari Bali. Pantainya langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Itu membuat air lautnya sangat jernih. Budayanya? Sudah banyak yang mendunia. Februari nanti, ada tradisi budaya Bau Nyale yang siap digelar di sana. Warga berburu cacing nyale yang dipercaya bertahun-tahun dan turun temurun sebagai penjelmaan Putri Mandalika yang dikenal cantik dan cinta damai. Dan tradisi ini, selalu diburu puluhan ribu wisnus dan wisman setiap tahunnya.
Wisata halalnya? Terbaik di dunia. Di 2015, ada 3 gelar juara dunia wisata halal yang sukses direbut Lombok. Dan di 2016, Novotel Lombok Resort and Villas, situs www.wonderfulllomboksumbawa.com dan Sembalun Village Region kembali meneruskan tradisi juara dunia wisata halal. Ketiganya sukses menyumbangkan gelar world’s best halal beach resort, world’s best halal tourism website, dan world’s best halal honeymoon destination. 
“Kementerian BUMN menunjuk Garuda Indonesia sebagai koordinator pelaksanaan rangkaian kegiatan sinergi BUMN ini. Selaras dengan visi Garuda sebagai maskapai penerbangan nasional yang secara berkelanjutan berkomitmen memperkuat konektivitas antarpulau dan kota di berbagai destinasi Indonesia untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi nasional,” timpal  Dirut Garuda Arif Wibowo. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!