"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Jumat, 20 Januari 2017

6 Event Terheboh di Kepri Selama Desember 2016

 

KEPRI - Hasil keren ditorehkan Kepulauan Riau (Kepri) yang oleh Menpar Arief Yahya diproyeksikan sebagai border area! Daerah perbatasan (lintas batas) yang dekat dengan pasar Singapore. Enam event yang digelar Kepri di Bulan Desember menghasilkan kedatangan Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang sangat fantastis.
“Posisi geografis Kepri yang dekat dengan Singapura dan Malaysia sangat menguntungkan kami. Ke Singapura naik kapal cuma 45 menit saja. Hingga akhir tahun, destinasi wisata di Kepri tak pernah sepi. Beberapa event tadi dibanjiri ribuan wisatawan,” terang Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar.
Buralimar dan seluruh perangkatnya memang membuat gebrakan di bulan Desember 2016. Tujuan utamanya adalah meningkatkan jumlah kunjungan Wisman. Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) rajin menggelar enam event berbeda bulan Desember 2016, dengan menggandeng tim dari Singapore.
Rangkaian event yang digelar tersebut antara lain Trifam-Triathlon (9-11 Desember 2016), The Santana Experience with Almatina (10 Desember 2016), Tribun Barelang Marathon (11 Desember 2016), serta The 1st Batam Senior Golf Challenge (13-14 Desember 2016) yang digelar di Tering Bay.
”Wisman yang kami incar asal Singapura dan Malaysia kena banget. Sejak November 2016, banyak event yang berlangsung di Bintan dan Batam yang mereka datangi,”ujarnya. Bukti membludaknya kunjungan ke daerahnya, imbuh Buralimar, itu terlihat dari tingkat hunian hotel naik dengan prosentase cukup signifikan.
”Jumlah tamu yang menginap pada hotel berbintang pada Oktober 2016 tercatat 71.938 orang.  Jumlah ini meningkat 2,67 persen dibanding September 2016 yang sebanyak 70.064 orang. Jika dibandingkan dengan tamu menginap bulan Oktober 2015 yaitu sebanyak 60.316 orang, terjadi peningkatan sebesar 19,27 persen,”beber Buralimar.
Seperti diketahu, Kepri sukses menorehkan namanya di posisi tiga besar penyumbang wisman terbanyak di Indonesia. Prosentasenya mencapai 20%. Raihannya hanya bisa dikalahkan Bali 40% dan Jakarta 30%.
“Sekarang Kepri sudah memosisiikan diri sebagai gerbang wisata bahari Indonesia. Kami punya Batam, Bintan dan Anambas yang sangat strategis dikembangkan menjadi wisata yacht, marina dan tempat parkir perahu pesiar. Semuanya dekat dengan international hub udara maupun laut,” ungkap Buralimar.
Ledakan Wisman di Kepri tak selesai di situ. Pada agenda akhir Tahun kemarin,  tepatnya pada 31 Desember 2016 digelar kegiatan di dataran Engku Putri untuk memberikan hiburan wisman dan masyarakat Batam. ”Di situ ada pesta kembang api dan sinar laser. Puluhan ribu orang datang ke acara itu,”katanya. 
Even Kepri selama 2016 memang seabrek banyaknya. Sebanyak 56 agenda pada kurun Maret hingga Desember 2016 sudah dilaksanakan Kepri untuk menarik kunjungan wisatawan manca negara ke provinsi yang berbatasan dengan empat negara jiran itu.
"Banyak agenda yang masuk dalam kalender acara Wonderful Kepri. Di luar itu masih ada acara lainnya, jadi memang kita serius di Pariwisata," kata Buralimar.  Sekadar mengingatkan, pada pertengahan Maret, Pemkot Batam mengadakan acara pemilihan Duta Wisata Batam 2016.
Kemudian pada April, disebutkan terdapat enam kegiatan pariwisata yaitu Festival Seni Budaya, Parade Tari Daerah se-Kota Batam, Tour de Bintan pada 1-3 April, Bintan Fishing Event pada 16 April, Full Moon Welness Retreat pada 22-24 April dan Cruise to Pulau Lingga pada akhir April.
Pada Mei 2016, Cruise to Pulau Lingga dilanjutkan 1-8 Mei, kunjungan kapal wisata yacht ke Anambas, promosi wisata Natuna ke daerah lain, Festival Wisata Bahari Natuna, Tour de Barelang pada 14 Mei, Club Med Bintan Island Body and Soul pada 20 Mei, Nongsa Sensation Cycle Challange pada 21-22 Mei dan Bintan Triathlon pada 28-29 Mei.
Bulan Juni, pemerintah hanya memasukkan dua agenda pariwisata yaitu Turi Fish-tival dan Anambas Cruise.Pemerintah menggelar enam acara di Bulan Juli, yaitu Eid Fitri at Turi Beach Resort, Parade Tari Daerah se-Provinsi kepri, Ria Bintan Gplf Challange, Street Salsa dan Power Boat Granprix.
Kemudian pada Agustus terdapat acara Nongsa Run, Samsal Regatta, Marine Expo, 3rd Turi Fascinating Photography Competition, Bintan Tracking, Festival lagu dan tari Melayu pada 23-27 Agustus dan Ironman 70,3 km Bintan.
Sepanjang September, terdapat delapan acara yaitu Festival Wisata Bahari Natuna pada 1 September, Rock and Road, Moon Cake Festival, Nongsa Festival, Southlinks Independence Day, Nongsa Carnival, Wonderful Indonesia Sailing, dan Eidul Adha Mubarak Celebration at Turi Beach Resort.
Di Bulan Oktober, diadakan Jazz Festival, Pesona Indonesia Bintan Golf Challange, Bintan Marathon, Tanjungpinang International Dragon Boat Race, Festival Laut Tanjungpinang, Festival Bahari kepri, Dangkong Dance Festival, Wonderful Sail to Indonesia, Sail Indonesia Welcome and Farewell Party, Sail Karimata, Festival Bunda Tanah Melayu.
Pada November, hanya dua kegiatan yaitu The 11st Nongsa Cup dan Racing the Planet Bintan. Serta sejumlah kegiatan Desember yaitu Kenduri Seni Melayu, Golf Challange dan perayaan pergantian tahun di berbagai tempat wisata.(*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!