"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 21 Januari 2017

Kemenpar Gelar Festival Wonderful Indonesia di Perbatasan Jayapura

 

MERAUKE – Merauke, kota paling timur Indonesia, akan semakin asyik jika didesain sebagai destinasi crossborder tourism. Tidak banyak orang yang sudah menginjakkan kaki ke kota paling terkenal di Pulau Papua itu. Selain akses, juga faktor amenitas, tetapi lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” membuat kota itu dikenal oleh seluruh rakyak Indonesia. “Kalau soal atraksi, ada banyak yang bisa dikemas sebagai daya tarik wisata,” kata Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Karena itu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menetapkan Merauke, sebagai salah satu destinasi crossborder, untuk Festival Wonderful Indonesia di Perbatasan Jayapura. Sabtu (3/12), lalu adalah contoh konkret, dari festival yang menampilkan konser musik dan seni budaya tersebut bisa menambah kunjungan wisatawan dari wilayah perbatasan (border).

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Kemenpar, I Gde Pitana mengatakan,  wilayah perbatasan Jayapura  merupakan pasar wisata yang potensial dan sangat pas sebagai  gapura untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia.

Festival Wonderful Indonesia dikemas dengan menampilkan berbagai acara pertunjukkan budaya, seperti perang antar suku (sejarah perang suku), penampilan tari-tarian adat, Pertunjukkan balapan karapan, puradan (permainan melempar tombak ke arah bulatan rotan yang sedang berputar saat dilemparkan), sikoko (Permain menggunakan kayu jenis Pion yang di lemparkan menuju sasaran yang sudah ditunjuk), lomba memainkan alat musik pikon (alat musik tradisional tiup),dan berbagai macam perlombaan kebudayaan.

Presiden Joko Widodo juga sudah pernah ke sana. Papua adalah gapura untuk mempromosikan keindahan alam tropis Indonesia, dan memiliki banyak destinasi wisata terkenal. Seperti Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Raja Ampat, Danau Sentani, Danau Paniai, Lembah Baliem, Desa Wisata Sauwandarek, Pantai Bosnik, Pantai Amai, Pulau Rumberpon dan Tugu MacArtur serta banyak wisata lain yang bisa dinikmati termasuk kebudayaan khas Jayapura.
Capaian jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  pada  Januari hingga Oktober 2016 secara kumulatif sebanyak  9.403.614 wisman atau tumbuh 9,54% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebanyak 8.584.832 wisman. Diproyeksikan hingga akhir Desember 2016, semakin mendekati target.
Diharapkan, Festival perbatasan yang diadakan di Perbatasan Jayapura ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya untuk beriwisata di Jayapura dan sekitarnya. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!