"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Kamis, 23 Februari 2017

Wonderful Indonesia Jawara di Los Angeles Travel and Adventure Show 2017

 

LOS ANGELES – Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh tersenyum bangga. Wonderful Indonesia kembali menorehkan prestasi emas dalam Los Angeles Travel and Adventure Show 2017. Dua award bergengsi berhasil diboyong dari Negeri Paman Sam itu. Gelar Best of Show Cultural Display dan Best Dance World Heritage Cultural Center dipastikan menjadi milik Wonderful Indonesia setelah mengalahkan performer Middle East, Mesir, China, Tahiti, Panama dan Spanyol.

“Award ini memiliki 3 makna. Pertama menaikkan confidence atau kepercayaan diri sebagai bangsa. Kedua  mengangkat credibility di mata bangsa lain. Satunya lagi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia di global level. Sudah sampai di mana jika dilihat dari kacamata dunia? Ternyata kita terus bisa bersaing,” ucap Menpar Arief Yahya.

Menurut Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, yang didampingi Kabid Promosi Pasar Amerika dan Afrika, Hari Budiarti, Rabu, 22 Februari 2017, prestasi itu cukup membanggakan. Award ini makin bermakna lantaran di even akbar itu, Wonderful Indonesia mampu berkreasi yang menjadi selera dunia. Dan terbukti menyisihkan negara-negara lain yang punya reputasi tinggi di Pariwisata, Mesir, China, Tahiti, Panama dan Spanyol.

“Dua penghargaan dari Los Angeles Travel and Adventure Show 2017 itu adalah bukti bahwa jika serius, tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Mengejar award, dengan segala kriteria itu, secara otomatis akan mendekatkan diri pada standar dunia,” ucap Pitana.

Ucapan Pitana tadi memang sangat masuk akal mengingat ada 14 pilar yang dipakai sebagai alat ukur competitiveness index oleh World Economic Forum (WEF). “Jadi, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Membangun destinasi dengan standar dunia, membuat objek wisata semakin bagus, bisa dikompetisikan di tingkat dunia dan berpotensi menang,” sambung pria asal Bali itu.

Soal potensi, Wonderful Indonesia memang punya banyak kartu sakti yang bisa dikeluarkan kapan saja. Wisata halalnya? Terbaik di dunia. Dari16 kategori yang dilombakan di World Halal Tourism Award 2016, Wonderful Indonesia sukses menyambar 12 gelar juara dunia. Wisata baharinya? Langganan juara dunia. Di 2017 ini, Indonesia dinobatkan sebagai Best Dive Destination 2017 oleh majalah Dive Magazine. Raja Ampat juga pernah dinobatkan sebagai Best Snorkling Site 2015 bersi CNN. Runner up nya, dipegang Labuan Bajo.

Belum lagi potensi 10 destinasi unggulan yang akan menjadi 10 "Bali baru". Dari Toba, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Jawa Timur, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara, semuanya punya panorama yang world class. Aktris peraih Oscar, Gwyneth Paltrow hingga dua jagoan MotoGP, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi bahkan tak ragu memposting momen-momen liburan dengan background panorama keren di Labuan Bajo.”Kalau Brand Equity nya sudah kuat, maka Indonesia akan makin masuk Consideration Set para turis yang mau milih destinasi. Terutama bagi yang belum punya awareness tinggi terhadap Indonesia. Di sinilah pentingnya memperkuat dan mempertajam branding Wonderful Indonesia di semua lini, termasuk memenangi persaingan di awarding,” sebutnya.

Lantas apa yang ditampilkan di Los Angeles Travel and Adventure Show 18-19 Februari 2017? Mengapa juga Wonderful Indonesia bisa dinobatkan meraih dua penghargaan sekaligus? Soal ini, Kabid Promosi Pasar Amerika dan Afrika, Hari Budiarti, ikut memberikan keterangan.  “Yang kami tampilkan semuanya adalah yang terbaik. Semua disiapkan dengan sangat matang,” ucap Hari.

Sebanyak 9 industri yang terdiri dari 5 Travel Agent dari Indonesia, 3 Travel Agent lokal dari USA dan 1 dari Singapore Airlines, tak henti-hentinya menggoda pengunjung dengan paket-paket menarik.

Aktivitas pavilion Wonderful Indonesia? Di set sangat keren. Dari mulai Indonesia Hospitality Corner yang menyediakan beef rendang, beef rendang quesadillas, es kopi padang, mixology ginger based traditional drink with lemongrass & lime, tak pernah henti disajikan ke pengunjung. Semua tak sabar memburu racikan keren dari chef dan Mixologist Marco Padang Restaurant.

Di Indonesia  Mini Stage? Wonderful Indonesia juga tampil sangat oke. Tradisional dance seperti Bajidor Kahot, Topeng Jigrik Ndat, Tari Piring dan Banyuwangi Carnival, selalu menghibur pengunjung yang datang.  Begitu juga dengan Taste of Travel. Ada demo membuat rendang hitam, beef rendang quesadillas dan mixology ginger based tradisional drink dengan daun sereh dan lemon segar yang sulit ditolak pengunjung.

Belum lagi pesona Destination Theatre Soft Adventure of WonderfulIndonesia: People, Culture & Nature yang dipresentasikan Paul Edmundus ( DPD Asita Bali) dan  Herry Rudyanto (DPD Asita Yogya). Semuanya ditata sangat keren. “Indonesia Hospitality Corner dan Indonesia Mini Stage menjadi magnet bagi para pengunjung LATAS 2017. Sajian kuliner khas Indonesia mampu menarik animo pengunjung ke booth Indonesia, mereka rela antri untuk mencicipinya. Respon dari pengunjung yang telah mencicipi makanan dan minuman khas Indonesia juga menuai banyak pujian,” ucap Hari.

Semua magnet tadi makin terasa lengkap lantaran ada juga Game interaktif & Quiz yang digelar. Pengunjung yang bisa menjawab pertanyaan seputar destinasi Indonesia langsung mendapat hadiah goody bag dan souvenir berupa kain songket.  (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!