"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Jumat, 10 Maret 2017

Permudah Informasi Wisatawan, Keraton Yogya Luncurkan Situs Resmi

 

YOGYAKARTA - Wisatawan semakin mudah mendapatkan informasi mengenai Keraton Yogyakarta. Para wisatawan dapat memperolehnya lewat situs yang telah dilaunching, Selasa (7/3) malam.
Sri Sultan Hamengku Buwono X sendiri yang secara resmi meluncurkan situs Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ini. Situs ini bernama kratonjogja.id. Peluncuran situs dilakukan di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta.

Prosesi peluncuran ditandai dengan memasukkan password kratonjogja.id yang dilakukan Sultan. Langkah ini sebagai tanda bahwa situs tersebut kini sudah bisa diakses publik.

Dalam situs resmi ini, bisa diperoleh informasi update maupun data-data mengenai Keraton Yogyakarta. Informasi update berupa kegiatan yang dilakukan pihak Keraton seperti peringatan berdirinya Keraton, kunjungan tamu dan sebagainya. Sedangkan data mengenai Keraton berkaitan dengan sejarah, biografi Sultan, tata pemerintahan dan lainnya. Sebagaimana situs pada umumnya, kratonjogja.id juga dilengkapi foto-foto.

Dalam sambutannya, Sultan HB X mengatakan bahwa situs tersebut dapat menjadi media literasi manuskrip budaya Jawa kuno yang kemudian diterjemahkan ke Bahasa Indonesia sehingga berguna bagi kehidupan masa kini.
"Sehingga untuk mempertemukan barat dan timur, tanpa yg timur kehilangan kepribadiannya, dapat terlaksana. Makna itu bisa tervisualisasi melalui website ini," urainya.

Penghageng Tepas Tandha Yekti, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu menceritakan tentang perjalanan Tepas Tandha Yekti, yang menangani teknologi informasi dan dokumentasi di lingkungan keraton.

Sejak 2013, Tepas Tandha Yekti telah mengabadikan berbagai kegiatan di Keraton. Selanjutnya pada 2015, mereka hadir di media sosial. "Kemudian pada tahun 2017, situs resmi Kraton Jogja diluncurkan dengan alamat kratonjogja.id. Situs resmi ini diharapkan dapat melengkapi saluran informasi yang akurat sekaligus menjadi museum virtual tentang kekayaan budaya Jawa di Keraton Yogyakarta," jelasnya.

Sejumlah tokoh hadir dalam prosesi Peluncuran Situs Resmi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat "kratonjogja.id  ini. Mulai dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam X, Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Kapolda DIY, dan pemangku kepentingan yang lain. 

Menpar Arief Yahya menyambut baik hadirnya www.keratonjogja.id yang diluncurkan Gubernur Sri Sultan HB X itu. Ini segaris dengan tiga prioritas besar Kemenpar tahun 2017 ini, yakni Go Digital, Homestay Desa Wisata dan Air Connectivity. "Website itu akan menjadi pintu bagi travellers di seluruh dunia untuk searching destinasi menarik di tanah air," ujar Arief Yahya. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!