"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 08 April 2017

28 Hotel di Jawa Barat Raih Traveloka Award 2017

 

BANDUNG – Sebanyak 28 hotel di Jawa Barat mendapatkan penghargaan bergengsi dari Traveloka Hotel Award 2017. Penghargaan tersebut merupakan kali pertama dan digelar di lima kota berbeda di Indonesia. 

Country Market Manager Traveloka John Safenson mengatakan, Traveloka Hotel Award 2017 merupakan ajang penghargaan yang diberikan Traveloka kepada hotel-hotel yang meraih predikat terbaik. Indikatornya, ulasan atsu review dari para pengguna atau customers online travel agent tersebut. 

”Selama Januari hingga Desember 2016, Traveloka menerima jutaan review (ulasan) tamu hotel. Ini yang kemudian menjadi dasar penentuan hotel-hotel terbaikm” papar John, di Trans Luxury Hotel Selasa (4/4) malam. 

Dia memerinci, sebanyak 240 hotel di Indonesia menerima Traveloka Hotel Award 2017. Khusus di Jawa Barat, ada sebanyak 28 hotel yang menerima penghargaan tersebut. 
John menerangkan, penghargaan tersebut dibagi dalam tiga kategori berbeda: Prestige, Premium dan Value. Ketiga indikator itu memiliki empat turunan. Di antaranya, food, service, cleanliness dan overall.  

”Dewasa ini sebanyak 90 persen calon konsumen, rata-rata membaca review hotel dulu sebelum booking. Jika review-nya positif, sebanyak 70 persen langsung memesan kamar,” tuturnya. 

Disinggung mengenai daerah mana saja yang paling dominan dipesan melalui Traveloka, John memaparkan, Jawa Barat memiliki karekteristik kawasan yang paling unik di antara kota-kota lainnya. Sebab, ada hubungan antara satu kota dengan kota yang lainnya. Imbasnya, booking room untuk penginapan tidak hanya penuh di lokasi dekat wisata atau pusat perbelanjaan. ”Contoh di Bandung, tiap weekend selalu fully booked. Dan itu merata, tidak hanya yang dekat dengan lokasi wisata,” tuturnya. 

Contoh lain, kawasan Pantura yang dinilai sebagai kawasn perlintasan, pada momen Ramadan dan Lebaran dipastikan tinggi peminat. Sebab, kata dia, banyak pemudik yang menggunakan kamar hotel di Pantura untuk beristirahat ketika terjebak kemacetan. 

”Yang tidak kalah penting, ketika review itu positif maka akan semakin banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Dengan kata lain, penghargaan ini juga menjadi upaya kami mendorong wisata di Indonesia,” pungkasnya. 

Menpar Arief Yahya menambahkan, apa yanh disampaikan Traveloka bahwa 90% travellers search and share melalui review di online travel agent itu, sangat masuk akal. Itu juga yang terjadi di TripAdvisor dan Ctrip di China. "Karena itu saran saya, bagi yang belum online, segera online! Kalau belum punya platform marketplace, silakan bergabung di ITX Indonesia Tourism Xchange, free," kata Menpar Arief. 

Free yang dimaksud adalah bebas mendapatkan website template yang sudah commerce. Yang bisa dipasang booking system dan payment engine. "Di OTA (online travel agent) itu, dengan mudah bisa terkoneksi dengan Traveloka, Ctrip, Hanatour, Musafir, dan distributor online dunia lain," sebut Menteri Aref yang seumur kariernya bermain di IT. (*)

PENGHARGAAN BERGENGSI: John Safenson, Country Market Manager Traveloka (kiri) menyerahkan piala untuk pemenang penghargaan Best in Guest Experience kategori Prestige kepada The Trans Luxury Hotel, Selasa (4/4) malam.
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!