"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 17 April 2017

Disambangi Menpar Arief Yahya, Ini Dia Nilai Jual Waduk Jatigede

 

SUMEDANG - Kementerian Pariwisata mendorong Kabupaten Sumedang besemangat menggenjot pariwisata setelah dilakukan upaya mempercantik Waduk Jatigede. Menteri Pariwisata Arief Yahya menetapkan Jatigede menjadi wisata tirta sebagai nilai jualnya, yang berbeda dengan destinasi lain.

Kedatangan Menteri Pariwisata Arief Yahya disambut meriah oleh masyarakat Sumedang. Menpar mendorong Waduk Jatigede menjadi kawasan wisata tirta (wisata air dan wisata olahraga air). Arief mengatakan bahwa dengan konsep wisata tirta, Waduk Jatigede akan menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sumedang, bahkan bisa menjadi wisata unggulan nasional yang akan mampu menyedot wisatawan mancanegara.

“Konsep wisata tirta Waduk Jatigede bisa menjadi wisata unggulan di Indonesia. Keindahan alam dan potensi lain yang dimiliki waduk ini akan menjadikan Waduk Jatigede destinasi wisata baru,” kata Menpar Arief Yahya setelah resmi membuka Festival Pesona Jatigede di pesisir Tanjung Duriat, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (15/4).

Arief mengapresiasi untuk menjadikan Waduk Jatigede sebagai konsep wisata tirta. Menurutnya, konsep tersebut sangat tepat diterapkan pada Waduk Jatigede dibandingkan dengan wisata kuliner dan konsep wisata lain, yang sudah dimiliki tetangga daerahnya, sebut saja Ciamis juga di banyak tempat lain.

"Jadi, kita harus fokus pada wisata tirta. Menyebutnya juga jangan waduk, itu terlalu teknis. Danau Jatigede saja agar bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan karena pariwisata itu semakin dilestarikan semakin mensejahterakan,” ungkap pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, itu.

Untuk mewujudkan itu,  Kemenpar di bawah komando Arief Yahya bersama Pemkab Sumedang sedang menyusun masterplan kawasan wisata Jatigede. Rencananya bakal turut dikembangkan desa wisata. Untuk 2017 ini ada empat desa di sekitar Jatigede yang akan disulap menjadi desa wisata.

"Anggarannya dari Kementerian Pariwisata, Rp 1 miliar tiap desa,” akunya.

Pemerintah sudah membuat zona pengembangan wisata Waduk Jatigede melalui badan otoritas khusus. Akan ada beberapa destinasi wisata yang dibangun, misalnya lapangan golf, off road, hotel dan resto kuliner ikan, zona pemancingan ikan, waterboom, termasuk Museum Jatigede.

"Bahkan, di tengah genangan terdapat pulau kecil bernama Pulau Surian yang akan dipakai penginapan dan restoran bakar ikan,” ungkap Arief.

Lanjut dia, untuk mewujudkan Danau Jatigede sebagai destinasi wisata, pihaknya mendorong percepatan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Tol Cisumdawu. Bila keduanya sudah beroperasi, dia yakin akan memudahkan akses menuju Danau Jatigede seraya bercermin dari pengembangan Danau Toba.

"Dahulu akses ke Danau Toba sulit, tapi setelah adanya bandara di sana, kunjungan wisatanya naik ratusan ribu kali lipat. Bila BIJB beroperasi, Danau Jatigede ini pun nantinya berpotensi menjadi Danau Toba di Jawa Barat,” terangnya.

Festival Pesona Jatigede juga merupakan upaya Pemkab Sumedang menjadikan danau buatan ini destinasi wisata baru. Event ini digelar 15-16 April 2017, yang turut dihadiri Bupati Sumedang Eka Setiawan dan anggota DPR Komisi X Dony Ahmad Munir pada pembukaannya. 

Festival Pesona Jatigede 2017 diisi dengan kegiatan pameran ekonomi kreatif. Terdapat juga komunitas trail adventure, pagelaran seni budaya sunda, lomba fotografi pesona Jatigede, penanaman 10 ribu pohon, penebaran benih ikan, seni kuda renggong, seni tari gending karesmen Ujang Bejo, dan kesenian Tarawangsa. Peserta Trail Adventure berasal dari Komunitas pencinta motor trail seluruh Indonesia, dengan target peserta diharapkan dapat mencapai 2.000 orang.

Panitia penyelenggara menargetkan pameran ekonomi kreatif dapat menjaring 10.000 pengunjung dalam dua hari pelaksanaannya. Sementara, untuk peserta Trail Adventure akan berasal dari komunitas pencinta motor trail seluruh Indonesia, diharapkan dapat mencapai 2.000 orang. 

Terdapat pula hiburan dengan menghadirkan penyanyi Rossa, yang dinobatkan sebagai duta wisata untuk mempromosikan Sumedang sebagai daerah asalnya.

“Kementerian Pariwisata mendorong dan akan jadikan Festival Pesona Jatigede sebagai agenda rutin tahunan,” tutup Arief.(*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!