"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 01 April 2017

Glenn Fredly Bercerita Tentang Pariwisata dalam Lagunya

 

JAKARTA - Penyanyi dan musisi asli Ambon, Maluku Glenn Fredly tiga kali terharu saat tampil di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kemenpar di Hotel Borobudur, Jakarta, 30 Maret 2017. "Ini pertama kali saya tampil dengan audience yg duduk, dalam Rakornas seperti ini. Surprise jadinya," aku Glenn di forum yang dikemas santai, tetapi materinya superserius itu. 

Tiga menteri yang duduk di depan pun ikut memberi tepuk tangan. Menkomar Luhut Binsar  Pandjaitan, Menpar Arief Yahya, Menkes Nila F Moeloek, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. "Biasanya saya nyanyi sambil lompat-lompat, tapi kali ini duduk dengan resmi, luar biasa," ucap Glenn sambil menyapa tiga menteri Kabinet Kerja Jokowi itu.

Berderet juga Bupati Humbang Hasindutan Dosmar Banjar Nahar, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Bupati Lombok Tengah M.Suhaili, Bupati Wakatobi H.Arhawi, Wabup Buton La Bakny, Bupati Pulau Murotai Samsuddin A.Kadir, Wakil Bupati Karang Asem Bali, I Wayan Artha Dipa, Bupati Tana Toraja M.Biringkanae, Bupati Toraja Utara Kolatiku Paembonan, dan Bupati Pandeglang Irna Narulita. 

Surprise kedua, pariwisata adalah salah satu concern dalam hidupnya. Terutama yang mengangkat tema Indonesia Timur. Bahkan, satu cuplikan film yang dia produksi berjudul Cahaya dari Timur: Beta Maluku menjadi background multimedia saat dia tampil. Film produksi 2014 itu bercerita tentang nilai-nilai perdamaian di balik konflik Ambon 1999 yang disentuh melalui kisah Sani Tawainella, seorang pelatih bola asal Ambon. 

"Lagu tadi, berjudul Tinggikan! Yang membuat film yang saya produseri menjadi film terbaik dalam Festival Film Indonesia 2014. Narasi terpenting dari membangun pariwisata menurut saya adalah social capital, memberdayakan masyarakat dengan segala budaya dan tradisinya," ungkap Glenn yang tertarik dengan strategi Presiden Jokowi, membangun dari Indonesia Timur. 

Surprise ketiga Glenn adalah saat bertemu Menteri Arief Yahya di sebuah acara HPN di Ambon, belum lama. "Saat itu saya baru datang, terlambat, duduk di paling belakang. Begitu Pak Menpar Arief pidato di atas panggung, yang dicari pertama adalah 'Mana Glenn Fredly?' dulu. Saya kaget! sekaligus terharu. Bukan pejabat yang duduk di depan dulu yang disapa," aku Glenn. 

Meskipun, pada saat itu, Menpar Arief sedikit berkelakar mengapresiasi warga Ambon Manise yang hampir semuanya jago nyanyi. Arief Yahya membuat joke, mengapa Glenn Fredly ngetop di ibu kota? Karena, kalah bersaing di Ambon, Maluku. Mengingatkan statemen itu, Arief Yahya yang bersebelahan dengan Menkomar Luhut pun tertawa. 

"Saya bangga, Morotai, Maluku Utara juga masuk dalam 10 Top Prioritas pembangunan pariwisata Indonesia," kata Glenn. Lagu kedua Glenn pun dinyanyikan bersama sama oleh audience, karena judulnya sangat mengusik, "Rasa Sayange." Lagu yang sempat memanaskan Indonesia-Malaysia. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!