"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 08 April 2017

Menhub Budi Karya Sumadi Kebut Jalur KA ke Danau Toba, 2019 Sudah Beroperasi

 

MEDAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghembuskan kabar gembira bagi pengembangan destinasi wisata Danau Toba. Dalam kunjungan kerja di Medan, BKS -inisial kondangnya- membawa info terbaru tentang pembangunan jalur kereta Medan hingga Parapat di Danau Toba.

Menurut Menhub, jalur kereta Medan-Siantar-Parapat nantinya bukan hanya memangkas waktu tempuh. Sebab, jalur kereta itu juga menyuguhkan pemandangan indah. 

“Lintasan ini akan menjadi jalur kereta yang traffic-nya luar biasa. Karena itu, kami konsentrasi menjadikan destinasi wisata Danau Toba dengan menggunakan kereta api selain dengan menggunakan pesawat udara,” ujar Budi saat meninjai Stasiun Besar KA Medan, Rabu (5/4).

Karenanya, Menhub tak mau berlama-lama dalam merealisasikan jalur kereta menuju Danau Toba. Pembangunannya pun akan dikebut.

Untuk Medan-Siantar sudah ada jalur kereta. Karenanya yang akan segera dibangun adalah  jalur kereta Siantar-Parapat. 

“Jalur kereta api dari Siantar ke Danau Toba akan mulai dibangun tahun depan dan paling cepat selesai pada 2019,” kata Budi. 

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II itu menambahkan, kereta sudah menjadi kebutuhan penting bagi pengembangan Sumatera. Karena itu Kementerian Perhubungan akan menghubungkan Aceh hingga ke Lampung Utara dengan menggunakan kereta api TransSumatera.

Menpar Arief Yahya lagi-lagi mengucapkan terima kasih kepada Menhub BKS yang sangat getol mensupport aksesibilitas ke destinasi wisata. Menurutny, selama ini jalur kereta itu hanya Medan-Kuala Namu. "Kelak, diantara Medan-Kuala Namu itu, ada yang stasiun yang bisa belok ke Pematang Siantar dan Danau Toba. "Kebetulan sekali, di pertigaan itu tanahnya masih milik PT KAI, jadi bisa dengan cepat diputusi," tutur Arief Yahya. 

Penambahan jalur kereta ke Danau Toba itu juga sudah dibawa ke Rakor di Menkomar, dan sudah disetujui Menko Luhut Bingsar Pandjaitan. "Terima kasih juga, semua reaktivasi jalan kereta api yang sudah mati, akan dihidupkan lagi sebagai transportasi publik dan pariwisata," ucap Aref. (****)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!