"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 05 April 2017

Menteri Pariwisata Arief Yahya Resmi Luncurkan Festival Tidore 2017

 

Festival Tidore diselenggarakan setiap tahun pada bulan April dalam upaya menggali dan mengembangkan serta melestarikan warisan sejarah kesultanan Tidore dan sekaligus memperkenalkan dan mempromosikan Tidore dengan seni, alam dan budaya kesultanan sebagai daya tarik wisataawan untuk berkunjung ke Maluku Utara khususnya Tidore.

Festival Tidore 2017 adalah pelaksanaan yang ke-9 dengan mengangkat tema “Merawat Tradisi, Mempertegas Jati Diri Bangsa Maritim”. Bagi Masyarakat Tidore, tradisi dan intisari kebudayaan berisikan ajaran moral dan etik yang harus dijaga, serta aspek kemaritiman (bahari) adalah bagian dari refleksi akan ketegasan membangun identitas dan jati diri masyarakat Tidore sebagai masyarakat kepulauan..

Diantara tokoh yang hadir adalah Sultan Tidore H. Husain Syah, Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim, Walikota Ternate DR. Burhan Abdurahman, artis Ully Sygar Rusadi dan banyak lagi tokoh masyarakat Tidore. 

Dalam sambutannya, Menpar menyatakan Tidore mempunyai keunggulan karena memiliki Kesultanan, sehingga berbudaya tinggi. Dengan cultural values yang tinggi, melalui Pariwisata dapat dikembangkan commercial values-.nya

Festival Tidore 2017 memiliki Top-3 Events yaitu Parade Juanga (10 april 2017) mengelilingi pulau dengan kapal formasi perang oleh sultan dan bala tentaranya, Perjalanan Paji (11 april 2017) memgelilingi pulau tapi di darat dengan formasi perang menceritakan revolusi Sultan Nuku, dan Kirab Agung Kesultanan Tidore (11 april 2017) yang disinergikan dengan pembukaan museum maritim dunia di Kedaton Tidore. 

Kemenpar akan mendukung publikasi dan promosi. Menpar juga mendorong Top 3 Kebudayaan Tidore   didaftarkan sebagai Kebudayaan Nasional untuk diikutkan dalam Festival Budaya Pesona Indonesia. 
Kurasi harus tingkat nasional, koreografer kualitas nasional, composer dan arranger nasional dilibatkan, serta designer baju harus minimal sekelas nasional..

Alam Tidore yang dikelilingi laut merupakan potensi wisata yang besar dan dapat mempertegas jatidiri sebagai Bangsa Maritim. Pendapatan perkapita dari sektor Pariwisata lebih besar daripada sektor Perikanan. Misalnya masyarakat yang menyediakan jasa diving, snorkeling, marine sport tourism mendapatkan pendapatan lebih besar daripada nelayan...
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!