"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 10 Juni 2017

Bisnis Ngabuburit, Warga Kendeng Bangun Tiga Spot Wisata Baru

 

PATI - Makin banyak ide untuk menyemarakkan pesan Menpar Arief Yahya terkait momen ramadan. Obyek wisata pun tak mau ketinggalan. Salah satunya onbek wisata anak muda di kawasan Kendeng kabupaten Pati Jawa Tengah. Warga setempat bahu-membahu membuat tiga spot wisata kawasan Kendeng  yang semuanya mengambil lansdcape alam pegunungan. 
Yang terbaru adalah spot alam di Desa Duren Sawit Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Jadi, sekarang Kendeng memiliki tiga lokasi favorit untuk ngabuburit selama bulan Ramadhan. 
Yang kedua adalah spot Air Terjun Plorotan  Semar di Desa Sumbersari dan Danau Trepus di Desa Beketel. Air Terjun Plorotan ini juga lagi hits. Yang pengin bergulat dengan air bisa ambyur sambil plorotan. 
Namun bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu ngabuburit disarankan untuk mendatangi spot ketiga terlebih dulu. Yakni Danau Trepus yang letaknya paling jauh dibanding kedua tempat wisata lainnya.
Meski belum memiliki fasilitas yang lengkap, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan asri khas Pegunungan Kendeng. 
Di spot ini pengelola juga menambahkan gardu pandang di puncak bukit. Bisa swafoto atau sekadar melihat-lihat keindahan alam dari pegunungan. Angin semilir membuat yang ngabuburit makin tidak haus.
Namun salah seorang wisatawan asal Kabupaten Kendal, Burhanuddin Firdaus bersama calon istrinya mengaku, malah sengaja jauh-jauh datang ke lokasi tersebut untuk foto prewedding. Menurutnya, ketiga lokasi wisata tersebut menarik karena lokasinya berada satu jalur dan terhitung dekat.
“Saya mengetahui tiga tempat ini dari internet. Dan setelah saya menggali informasi, ternyata lokasinya saling berdekatan. Karena itu, saya memilih tempat foto pre-wedding disini,” ungkapnya saat ditemui di Danau Trepus.
Firdaus berharap ketiga tempat wisata ini bisa dikelola lebih baik lagi. Namun yang paling utama adalah perbaikan akses jalan menuju lokasi wisata. Karena masih banyak yang berlubang, sehingga sangat mengganggu kenyamanan selama perjalanan.
Sementara itu, pengurus wisata Bukit Pandang Desa Drensawit, Krisno, mengatakan bukit pandang memang menjadi tempat bagus untuk melihat matahari terbenam (sunsite). Karena itu banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut saat sore hari.
“Di dekat sini memang ada dua wisata lainnya, yaitu Danau Trepus dan Plorotan Semar. Jadi kalau mau kesini sebelumnya bisa mencoba dua wisata tersebut lebih dahulu. Baru mengunungi Bukit Pandang untuk melihat matahari terbenam,” pungkasnya.
Dari momen ngabuburit itu, pihaknya kebanjiran tamu. Meski terbanyak warga lokal sudah mengasilkan pemasukan yang bisa dipakai untuk pengelolaan. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan tiga spot yang makin digandrungi anak muda itu. Jika lagi ramai bisa dapat 300-400 ribu.
"Kami memang masih membuka kotak suka rela. Itupun sudah lumayan. Kedepan akan dibuat lebih profesional dengan tarif,"tutupnya.(*)

EKSOTIK: Keindahan alam kawasan Pegunungan Kendeng wilayah Pati Selatan bisa dinikmati dari atas Bukit Pandang yang semilir. Foto:Arif/jateng pos
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!