"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 28 Juni 2017

Byur…. Dayungan Obama Bikin Sungai Ayung Mendunia #ObamaPiknikdiBali

 

BALI - Prediksi Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya tentang mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama akan menjadi endorser penting bagi turisme tanah air akhirnya terbukti. Liburan Obama dan keluarganya di Bali ternyata memang memunculkan efek luar biasa bagi pariwisata tanah air, khususnya Pulau Dewata.

Seperti diketahui, Arief berkali-kali menyodorkan vedia value dari kunjungan tokoh penting yang memilih Indonesia sebagai lokasi berlibur. Setelah liburan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Alsaud di Bali yang menimbulkan gema luar biasa di media-media Timur dahsyat di media seantero jagat.

“Hadirnya Barack Obama dengan tujuan berlibur atau berwisata memiliki news value yang sangat besar bagi promosi Wonderful Indonesia,” ujar Arief. 

Menurutnya, Obama merupakan salah satu tokoh dunia yang fenomenal. Bahkan saat lengser dari kursi kepresidenan pun masih tetap dipuji dan dicintai publik. “Barack Obama adalah endorser strategis,” ulasnya. 

Sebelumnya, menteri asal Banyuwangi itu memang sudah menyiapkan strategi untuk memanfaatkan pemberitaan liburan Obama di Bali sebagai ajang promisi pariwisata tanah air. Menurutnya, liburan Obama di Indonesia merupakan saat yang paling bagus untuk menggenjot promosi tentang Bali di mancanegara. 

“Karena itu pula saya porsikan budget besar promosi di Time Square Amerika untuk menyambut Barack Obama. Kami genjot sejak kehadirannya ke Bali, Yogyakarta dan Jakarta,” ujar menteri yang dikenal sebagai kampiun marketing itu.

Bali memang sudah dikenal dunia. Ubud yang menjadi lokasi menginap Obama dan keluarganya pun sudah kondang di kalangan wisatawan mancanegara.

Tapi kali ini yang memperoleh tuah dari kunjungan Obama adalah Sungai Ayung. Mantan Presiden AS yang sering mengaku sebagai ‘Anak Menteng’ itu berkontribusi besar mengangkat nama sungai untuk arung jeram tersebut tambah dikenal hingga mancanegara.

Kini, foto-foto Obama dan keluarganya saat berlibur dan menikmati arung jeram di Sungai Ayung telah tersebar di berbagai media luar negeri. Laman media mancanegara dari Eropa, Australia, Asia dan AS memajang foto-foto Obama beserta istrinya, Michelle dan kedua putrinya saat mendayung di sungai yang melintas di Kabupaten Gianyar dan bermuara di perairan Selat Badung itu.

Di Inggris, ada laman Daily Mail yang megabarkan kegiatan Obama saat berarung jeram.  “White water briefing! The Obamas take some time away from their luxury $2,500-a-night Indonesian resort to enjoy some rafting with the whole family,” tulis Daily Mail lengkap dengan fotonya.

Laman Independent juga mengabarkan hal serupa. “Barack Obama and family go river rafting on holiday in Indonesia,” demikian tertulis dalam salah satu judul di salah satu media terkemuka di Inggris itu.

Di Amerika Serikat ada Washington Post yang memberitakan Obama menikmati rafting bersama keluarganya dalam rangka liburan. “The Obamas go rafting in Bali on the latest stop on their worldwide vacation tour,” ujar media yang berbasis di ibu kota AS itu.

Sedangkan di New York, ada New York Daily News yang mengutip Associated Press untuk mengabarkan liburan Presiden AS ke-44 itu dengan rafting di Sungai Ayung.  “Obama and family go river rafting during Indonesia vacation,” demikian tertulis di laman media yang berbasis di salah satu ibu kota keuangan dunia itu.

Bagaimana dengan media di Asia? Ada laman The Star Malaysia yang juga memberitakan betapa rileksnya Obama dalam liburannya di Bali.

The Star memajang artikel tentang kegiatan Obama saat menikmati liburannya di Pulau Dewata bersama keluarganya “Obama visits museum, rice terraces and goes white water rafting in Bali,” tulis The Star.

Di Australia, dua media menurunkan berita yang sama tentang aksi Obama berarung jeram di Sungai Ayung. “The Obamas continue to live their best lives on holiday in Bali,” tulis laman The Age dan Sydney Morning Herald.(****)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!