"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 28 Juni 2017

Ini Jejak Barrack Obama di Yogyakarta. #ObamaPiknikkeJogja

 

Sumber: Caramudah.id 


Tidak banyak yang tahu kalau Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama pernah menghabiskan masa kecilnya di Yogyakarta. Ya, Obama sering menghabiskan masa liburan saat kecilnya di rumah pamannya, Prof Drs Iman Sutiknyo yang bertugas di UGM. Di sebuah kamar terletak di perumahan dosen UGM, Blok D 7, Bulaksumur, Jogja banyak tersimpan kenangan masa kecil Barrack Obama yang kini menjadi Presiden ke 44 Amerika Serikat.

Obama kecil sering menghabiskan waktu liburannya di tempat ini karena ayah tiri Obama, Lolo Soetoro adalah orang Jogja asli. Orang tua beliau berasal dari Ngasem, sedangkan istri Iman Sutiknyo adalah kakak kandung Lolo Soetoro. Bersama dengan ibunya Ann Dunham dan ayah tirinya Soetoro Obama kecil sering menghabiskan waktu liburannya di rumah ini

Sejarah masa lalu Obama ini terungkap saat adik Obama yang bernama Maya mendatangi rumah ini saat menjadi pembicara pada acara education of peace di UGM tahun 2013 silam. Kini rumah ini dijadikan Museum UGM.

Keberadaan Museum UGM ini sebenarnya sudah digagas sejak lama, namun baru beberapa tahun ini rencana ini benar benar direalisasikan. Museum ini diharapkan menjadi sumber inspirasi utama para kaum muda terutama mahasiswa di Yogyakarta dan UGM.

Museum ini tidak hanya menjadikan kamar tidur Obama sebagai sumber inspirasinya, melainkan juga benda benda yang banyak dipakai pada awal perkuliahan yang dulunya dilakukan di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Mulai dari kursi hingga alat alat penunjang perkuliahan lainnya, selain itu banyak juga para alumni yang ikut menyumbang benda benda yang berhubungan dengan kampus UGM. Ini dimaksudkan supaya para mahasiswa dan kaum muda terus mengingat masa lalu yang menjadi pondasi utama sekarang dan di masa mendatang.

Seperti yang tertulis jelas di dinding dekat kamar Obama yang bertuliskan

Masa lampau, pastilah berlalu. Namun, jangan lupakan keluhuran nilainya. Jadikan bekal menentukan masa kini untuk menyongsong masa depan gemilang agar berakar kuat, menjulang tinggi.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Museum ini sendiri bertempat di Kompleks rumah dinas Bulaksumur D6 dan D7. Buka setiap hari mulai Senin hingga Minggu pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Selain menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan kendaraan umum yang melewati kampus UG< di Bulaksumur. Setelah turun di bundaran UGM anda bisa berjalan kaki menuju museum.

Selain kamar tidur Obama, museum ini memiliki lima ruangan koleksi lainnya. Ruangan pertama berisikan sejarah berdirinya UGM dan pengaruhnya terhadap perkembangan politik Indonesia. Ruangan kedua berisikan koleksi pribadi Prof Dr Sardjito, rektor pertama UGM. Ruangan ketiga berisikan foto foto dan koleksi pribadi tokoh penting UGM lainnya. Sedangkan ruangan keempat dan kelima berisikan foto-foto rektor UGM dari masa ke mas, serta sejumlah foto Presiden Amerika Serikat Barack Obama.  (Sumber: Caramudah.id) 

 
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!