"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Rabu, 07 Juni 2017

Makin Cantik, Ketep Pass Magelang Siap Manjakan Wisatawan

 

MAGELANG - Destinasi wisata di Magelang, Jawa Tengah bukan hanya Candi Borobudur saja! Ini penting, dan perlu ditekankan, agar tidak membuat travellers gagal fokus. Rangkaian destinasi yang oleh Presiden Joko Widodo disebut World Cultural Masterpiece alias mahakarya budaya dunia itu ada 1001 objek yang keren dan Instagramable.

Kota Gethuk, julukan Magelang itu juga ada Punthuk Setumbu yang selama ini menjadi idola wisatawan domestik dan mancanegara untuk menyaksikan sunrise. Menyaksikan banyak puncak gunung api yang berdiri gagah di Jawa Tengah itu.

Destinasi pariwisata tanah air yang sedang menggeliat itu juga melahirkan banyak destinasi di Magelang. Salah satunya adalah objek wisata Ketep Pass. Meski bukan objek wisata baru, Ketep Pass bakal menghadirkan banyak hal anyar untuk pengunjung.

Sebab, manajemen Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass terus melakukan sejumlah perbaikan fasilitas dan wahana untuk menyambut Lebaran. Pengelola juga mulai rajin melakukan promosi melalui berbagai media. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ke wisata alam tersebut.

“Kami memanfaatkan momentum bulan puasa ini untuk menggenjot promosinya baik melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram maupun cetak dan elektronik serta promosi dengan memanfaatkan event maupun pameran pariwisata,” kata Kabag Promosi BPOW Ketep Pass Edward Alfian.

Tak hanya getol berpromosi, manajemen juga menyiapkan dan memperbarui fasilitas di Ketep Pass. “Di antaranya menambah tempat untuk foto selfie, mengganti interior di Ketep Volcano Theatre (bioskop), dan memperbarui gazebo gardu pandang,” imbuh Edward.

Dia menambahkan, pihaknya memperbarui miniatur morfologi Gunung Merapi di Ketep Volcano Center (museum).

Bentuk gunung disesuaikan dengan kondisi Merapi terbaru pascaerupsi 2010. “Kami mengupayakan bentuknya semirip mungkin,” papar Edward. Selain itu, manajemen menambah audio dan lighting tentang skema erupsi Gunung Merapi dari tahun ke tahun.

“Karena konsep kami juga wisata edukasi,” jelas Edward.

Cukup? Belum. Pengelola juga mempercantik taman-taman di area Ketep Pass. Beberapa tebing juga diperkuat dengan talud agar wisatawan makin aman dan nyaman.

Sementara itu, untuk menghadapi musim libur Lebaran, pihaknya sudah mulai melakukan koordinasi lintas sektoral dan masyarakat.

Pasalnya, wisatawan bakal membeludak saat libur Lebaran nanti.

“Kami juga bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menyediakan lahan parkir di sekitar Ketep Pass,” kata Edward. Untuk pengamanan selama Lebaran, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat.

“Kami juga akan mendirikan pos keamanan Lebaran yang nantinya akan dibantu oleh personel dari Polres Magelang, Kodim, Dishub dan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang,” paparnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Hal itu dilakukan agar jalan menuju Ketep Pass yang masih rusak bisa segera diperbaiki.

“Bina Marga menjanjikan H-10 Lebaran sudah ready. Mengingat informasi dari Bina Marga bahwa Tol Bawen-Solo akan dioperasikan dalam mudik tahun ini dan exit tol ada di Tingkir Salatiga, artinya nanti pada arus mudik maupun balik tahun ini akan melewati jalur alternatif Kaponan yang dipastikan akan melewati jalur Ketep Pass,” kata Edward.

Menpar Arief Yahya ganti bertanya: “Kalian sudah pernah selfie ke Ketep Pass belum? Dari Kota Solo, menuju Boyolali, lalu melewati lereng gunung Merapi, menuju ke Magelang melalui jalan naik turun dan pemandangan hijau yang menyejukkan mata? Ah, coba deh!” ajak Arief Yahya.(*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!