"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Jumat, 30 Juni 2017

Obama Makan Gudeg, Kuliner Ini Semakin Mendunia #SugengRawuhObama #NapakTilasObama

 

YOGYAKARTA-Kedatangan Mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama menjadikan Yogyakarta semakin istimewa. Presiden Ke-44 Amerika Serikat itu telah mendarat di Jogja setelah melakukan liburan di Bali, Rabu (28/6). Selain menikmati destinasi di Jogja, Obama juga akan mencicipi hidangan kuliner Gudeg khas Yogja.

Ketua Akademi Gastronomi Indonesia (AGI) Vita Datau Messakh mengatakan, sudah seharusnya Obama dihidangkan Gudeg Yogya. Karena Gudeg merupakan makanan otentik yang spesial bagi wisatawan mancanegara (Wisman) dan juga menjadi jamuan wajib yang ada di meja makan saat tamu negara datang ke Yogyakarta.

"Gudeg kini sudah menjadi menu hotel berbintang di Yogyakarta, gudeg selalu menjadi pilihan utama, dan wisman sekarang banyak yang suka. Tetutama dinikmati oleh Obama maka akan membuat Gudeg semakin mendunia," ujar Vita di Jakarta, Rabu (28/6).

Wanita yang juga Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner Kementerian Pariwisata ini menjelaskan mengapa Gudeg sangat digemari para wisman yang datang ke Jogja; karena makanan ini kaya serat. 

Yang pasti ada lima ikon kuliner Indonesia, yakni Soto, Rendang, Sate, Nasi Goreng dan Gadi-Gado. Situs sebesar CNN Travel pun pernah memasukan Gudeg menjadi salah satu masakan terenak dari Indonesia. Dan dari berbagai sumber, banyak resep Gudeg yang dijabarkan oleh situs-situs resep luar negeri.

"Para wisman, mengenal Yogyakarta melalui gudeg, mereka penasaran dengan makanan khas Jogya yang begitu gurih dan manis dilidah seperti manisnya Yogyakarta. "It is one of the most flavorful food in the world, melding In between taste and textures"," katanya seperti mengutip pemberitaan di CNN travel itu.

Hidangan Gudeg, Lanjut Vita, umumnya hanya ada dua varian gudeg, yaitu Gudeg Basah dan Gudeg Kering, dengan cita rasa dominan manis. Sebenarnya ada juga varian gudeg yang tidak berbahan baku Nangka, yakni berasal dari Manggar  atau bunga kelapa dan rebung alias tunas akar bambu tapi sangat jarang dan susah untuk ditemui. "Jadi, gudeg lebih dikenal dengan bahan baku nangka dan bervarian basah atau kering," ucap dia.  

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut liburan serta wisata kuliner Barack Obama bersama keluarganya ke Yogyakarta itu akan menciptakan persepsi sangat bagus. Alasannya simpel. Obama adalah tokoh dunia. Punya followers yang sangat banyak. Di Twitter saja, akun @BarackObama diikuti 91.286.757 netizen. 

"Obama menjadi endorser kami! Semua perilakunya, apa saja, dimana saja, selalu menjadi public figure dunia. Pasti akan selalu menjadi pusat perhatian netizen," ungkap Menpar Arief. 

Persepsi masyarakat dunia diyakini bakal sangat bagus terhadap Yogyakarta sebagai destinasi wisata berkelas dunia. “Image yang terbangun Yogyakarta itu tempatnya liburan orang mapan, orang kaya, selebriti dan kepala negara,” ucap Menpar Arief Yahya.

Kebetulan, Yogyakarta juga tak kalah keren dari Bali. Di sana ada Borobudur dan Prambanan, dua destinasi wisata kelas dunia. Wisatanya pun nyaman, aman dan keren. Sangat oke untuk menghabiskan waktu berlama-lama. Kuliner nya juga kelas dunia. “Yogyakarta juga punya atmosfer budaya, alam yang lengkap, ada bahari, ada forest, ada rice field, kuliner, souvenir, dan asyik. Terima kasih Barack Obama. Yogyakarta jadi makin mendunia,” ujar Arief. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!