"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Kamis, 13 Juli 2017

Cari Tempat Selfie yang Indah di Purbalingga? Datang ke Bukit Mertelu Saja. #PesonaDesaWisata




PURBALINGGA - Bisa selfie dengan background destinasi wisata, itu hukumnya wajib. Setidaknya itulah yang diminta Menpar Arief Yahya pada semua destinasi wisata di tanah air. "Harus ada tempat selfie yang menunjukkan eksistensi anak-anak muda yang hobi treveling," kata Arief Yahya. 

Setelah itu, perlu akses telekomunikasi yang kuat, agar mereka bisa memposting melalui media sosial. "Jika perlu ciptakan sebanyak mungkin titik-titik selfie yang bisa nge-hits di media sosial," kata Arief Yahya. 

Demam menggabungkan keindahan alam dengan fenomena kekinian untuk menggejot sektor pariwisata, yang juga menjalar ke Purbalingga, Jawa Tengah. Saat ini, Purbalingga memiliki wisata alam Bukit Mertelu yang terletak di Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet.

Untuk menuju Bukit Mertelu, travelista cukup masuk jalur arah Purbalingga. Setelah itu, belok kiri di pertigaan Selaganggeng menuju agrowisata Serang. Nah, sebelum masuk desa wisata Serang di Pondok Nangka sudah ada petunjuk jalan ke Bukit Mertelu.

Sejak dibuka pada 25 Juni lalu, wisata alam Bukit Mertelu sudah menjadi buruan travelista.
Panorama yang indah dan instagramable membuat Bukit Mertelu tak pernah sepi pengujung. Saat weekend, jumlah pengunjung bisa mencapai lebih dari seribu per hari.
Selama libur Lebaran lalu, lebih dari sepuluh ribu wisatawan menikmati keindahan Bukit Mertelu.

Kepala Desa Sangkanayu Ali Nur Setiawan mengatakan, objek wisata Bukit Mertelu merupakan kerja sama antara Perum Perhutani Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Banyumas Timur dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Argo Mulasari.

“Dengan adanya objek wisata alam yang baru dibangun di Desa Sangkanayu menjadi salah satu bukti kegigihan warga Sangkanayu yang tergerak untuk memajukan desa melalui ekonomi kreatif. Selain itu, ekonomi warga di sekitar Bukit Mertelu bisa meningkat,” terang Ali pekan lalu.

Meski merupakan objek wisata baru, Bukit Mertelu sudah memiliki fasilitas pendukung yang cukup baik. Misalnya, toilet umum yang bersih, area parkir, dan musala.

Sementara itu, Ketua Pengelola Wisata Bukit Mertelu Hardiyano tidak menyangka destinasi di desanya mendapat sambutan hangat dari wisatawan. “Pengembangannya masih dalam tahap rintisan dan kami tidak menyangka pengunjung sampai banyak,” ujar Hardiyano.

Lantas, apa keistimewaan Bukit Mertelu sehingga menjadi incaran travelista?
Wisatawan bisa menikmati panorama Kota Purbalingga dari ketinggian di gardu pandang yang disediakan pengelola.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa ber-selfie sepuasnya dengan latar belakang yang aduhai.
Salah satu spot selfie terbaik berbentuk sarang burung seperti yang ada di Bukit Jomblo, Tulungagung, Jawa Timur. Bagi yang ingin beristirahat bisa meluruskan badan di gazebo-gazebo unik yang ada di sana.

Travelista juga bisa merasakan sensasi menikmati ayunan langit di tempat itu.
Tren menggabungkan keindahan alam dan fenomena kekinian di Bukit Mertelu mirip dengan beberapa destinasi daerah lain.
Misalnya, wisata alam Kaliburu di Kulon Progo, Coban Rais (Malang), dan The Lodge Maribaya (Bandung).

Melihat kunjungan yang luar biasa, Hardiyano mengaku akan memperbaiki wisata Bukit Mertelu.

“Kami akan bentuk Pokdarwis (kelompok sadar wisata) dan membuat perencanaan yang matang untuk pengembangan Bukit Mertelu. Jalan menuju ke puncak akan diperbaiki, penanaman pohon jambu biji akan disegerakan, penataan wahana foto, dan camping ground yang memperhatikan safety procedur,” kata Hardiyano.

Sementara itu, perwakilan Perum Perhutani KPH Banyumas Timur Sugeng Utomo mengatakan, sebelumnya pihaknya mengandalkan penghasilan dari getah dan penebangan.

“Saat ini, mulai pengembangan untuk jasa lingkungan. Pengembangan jasa lingkungan yang melibatkan masyarakat sekitar mendatangkan manfaat yang lebih besar,” kata Sugeng. (*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!