"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Senin, 17 Juli 2017

Es Cendol dan Kelapa Muda Masuk 50 Besar Minuman Terlezat di Dunia. #PesonaKulinerIndonesia




JAKARTA - Cita rasa kuliner Indonesia kembali mendapat pengakuan dunia. Kali ini, bukan makanan, melainkan minuman. Dua minuman khas Indonesia masuk dalam daftar minuman terlezat di dunia versi CNN. Kedua minuman tersebut adalah es cendol dan kelapa muda.

Dalam ulasannya pada 12 Juli lalu, CNN menempatkan es cendol di posisi ke-45 dalam daftar 50 minuman terlezat di dunia. Es cendol diapit pina colada yang merupakan minuman khas Puerto Rico di posisi ke-46 dan sujeonggwa asal Korea Selatan di urutan ke-44.
CNN menyebut es cendol lebih mirip dessert ketimbang minuman.

“Minuman itu disajikan dalam mangkuk. Anda bisa menenggaknya lebih banyak,” demikian tulis CNN.

Media papan atas dunia itu juga mengulas tentang campuran di dalam es cendol.
Komposisi di dalam es cendol merupakan kombinasi yang pas bagi para kulinerista. CNN menyebut campuran santan dan gula aren manis yang didinginkan dengan es yang diserut menjadi kombinasi yang sempurna.

Sementara itu, es kelapa muda berada di posisi ke-19. Di bawah es kelapa muda adalah sex on the beach asal Amerika Serikat (AS) di posisi ke-20.

Sedangkan di posisi ke-18 adalah white wine yang sudah menjadi minuman global.
“Minuman yang sangat populer di Indonesia yang disukai anak-anak ini pada dasarnya adalah jus kelapa muda dingin dengan sirup berwarna dan irisan kelapa,” demikian ulasan CNN.

CNN juga menyebut es kelapa muda sudah menjadi tradisi yang tak terpisahkan dalam kuliner di Indonesia. “Kesegarannya akan terasa sepanjang Anda makan. Es kelapa muda adalah tradisi Indonesia yang terbaik dan paling murni,” tambah ulasan CNN.

Dua minuman tersebut sempat “di-endorse” oleh mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Pria 55 tahun itu sempat mengaku ingin menikmati es cendol dan kelapa muda saat berpidato dalam Konferensi Diaspora Indonesia di The Hall Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7) lalu.

Ketika itu, Obama yang #MudikPenuhPesona dan #NapakTilasObama ke beberapa kota di Indonesia mengaku ditawari berbagai makanan khas nusantara. Misalnya, bakso, tempe, dan nasi goreng. Namun, Obama masih penasaran dengan makanan lainnya.

"Saya masih mencari makanan lain seperti es cendol dan es kelapa muda,” ujar Obama kala itu. 

Di sisi lain, masuknya es cendol dan kelapa muda dalam daftar minuman terlezat di dunia kian mengukuhkan status Indonesia sebagai surga kuliner.

Menpar Arief Yahya menyebut, ada ratusan makanan khas Indonesia yang original. Tidak ditemukan di mana saja, di seluruh jagat, kecuali di Indonesia. Dulu dipilih 30 macam masakan nusantara yang dipromosikan Kemenpar. "Sekarang kami fokus lima dulu, sampai kuat. Soto, Sate, Nasgor, Rendang, Gado Gado," kata Arief Yahya. 

Rendang dan nasi goreng selain menjadi ikon kuliner Indonesia, yang dipromosikan Kemenpar, juga masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia versi CNN. Rendang ada di posisi pertama. Sedangkan nasi goreng tepat berada di bawah rendang. "Kuliner kita yang beragam bisa menjadi jembatan promosi pariwisata yang bagus," jelas Arief Yahya.(*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!