"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Jumat, 14 Juli 2017

Gelar Pekan Expo Natuna untuk Pikat Wisman Pelintas Batas. #PesonaNatuna




RANAI - Kabupaten Natuna di Provinsi Kepulauan Riau terus bergeliat untuk membuat potensi pariwisatanya makin kondang. Rencananya, kabupaten yang kaya potensi wisata bahari itu akan menggelar Pekan Natuna Expo pada 29 Agustus hingga 1 Agustus mendatang. 

Sebelumnya, Natuna pada awal Juni lalu juga menggelar Festival Wisata Bahari yang mampu menyedot wisatawan mancanegara (wisman). Ada 12 yacht yang membawa 24 wisman asal Australia, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia dan beberapa negara lainnya yang masuk ke Natuna.

Sedangkan Pekan Natuna Expo 2017 akan digelar di Kota Ranai dan Pulau Senoa. Bupati Natuna Hamid Rizal pun mengajak warganya untuk makin peduli pada potensi pariwisata dengan menyukseskan event Pekan Natuna Espo 2017.

“Kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan dalam rangka mendukung promosi dan percepatan pembangunan sektor pariwisata yang diharapkan juga akan berdampak positif bagi pengembangan sektor lainnya,” ujar Hamid tentang event yang juga didukung Kementerian Pariwisata itu. 

Hamid meyakini event itu akan berimbas positif bagi warga Natuna, terutama dalam upaya pemberdayaan sektor ekonomi kerakyatan yang memanfaatkan sumber daya lokal. “Sekaligus mendorong usaha kreatif di antaranya bagi para pengrajin suvenier,  pengusaha kuliner,  penggiat kesenian budaya dan pelaku usaha lainnya,” tuturnya. 

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna Erson Gempa Afriandi mengatakan, pembukaan Pekan Natuna Expo 2017 akan dimulai dengan peluncuran branding pariwisata kabupaten yang dilintasi jalur pelayaran internasional itu. Sedangkan pada hari kedua Pekan Natuna Expo 2017 akan ada Festival Pulau Senoa yang digelar sejak pagi hingga sore hari. 

“Di Pulau Senoa akan digelar lomba pacu kolek yang merupakan alat transportasi air yang masih tradisional. Ada pula lomba fotografi dengan tema foto Wonderful Senoa,” sebutnya.

Tapi yang juga unik dalam Pekan Natuna Expo 2017 adalah Festival Nyuluh yang sangat khas di pulau-pulau di Kabupaten Natuna. Menyuluh diadaptasi dari usaha masyarakat pesisir untuk mendapatkan ikan tanpa harus berlayar ke tengah laut. 

“Penangkapan ikan dengan teknik menyuluh ini dilakukan pada malam hari di kala air laut sedang surut. Dengan bermodal lampu suluh, masyarakat mencari ikan yang terperangkap disurutnya air atau perairan dangkal,” tuturnya.

Erson menambahkan, Festival Nyuluh akan menjadi yang pertama kalinya digelar. Karena itu dengan keunikan menyuluh maka event tersebut diyakini akan mampu menyedot wisatawan. 

Erson menambahkan, Pekan Natuna Expo 2017 juga akan disemarakkan oleh berbagai pertunjukan seni dari berbagai daerah di Indonesia. Misalnya, reog, angklung, barongsai, hingga permainan gasing, alu dan mendu. 

Pemkab Natuna pun mengharapkan event yang berlangsung selama empat hari itu bisa menyedot wisatawan pelintas batas atau cross border tourist. Target penyelenggaraan Pekan Natuna Expo 2017 adalah bisa mendatangkan sekurang-kurangnya 500 wisman.

“Semoga dengan Expo Natuna dapat mengangkat nama Natuna dalam percaturan Destinasi Wisata Baru yang berkembang pesat dan memiliki daya saing dengan destinasi wisata lainnya yang ada di wilayah negara Republik Indonesia,” harapnya.

Menpar Arief Yahya berterima kasih atas upaya Kepri dengan Expo Natuna itu. "Selamat berpameran dan menampilkan potensi alam dan kuliner di sana?" katanya. (****)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!