"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 01 Juli 2017

Obama Kagum Keajaiban Candi Prambanan. #SugengRawuhObama




YOGYAKARTA - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama penasaran dengan Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat dirinya dan rombongan mengunjungi Candi Prambanan didampingi Manggarsari Ayuwati, arkeolog yang juga Kepala Unit Taman Wisata Candi Prambanan, Obama sangat ingin tahu bagaimana proses pembuatan candi ini. 

"Beliau sangat tertarik dengan ‘How’, bagaimana candi ini dibangun dan menyimak serius satu per satu penjelasannya,” kata Manggarsari Ayuwati. 

Presiden AS ke-44 Barack Obama berdiam lama di dalam Candi Siwa dan menyimak
dengan serius bagaimana Candi Prambanan sebelumnya hanya berupa runtuhan batu-batu yang kemudian disusun ulang untuk menemukan bentuk aslinya. Obama paling lama berada di Candi Siwa karena semua bilik dimasuki dan hampir semua arca dan relief difoto. 

Dan Obama, imbuh Manggarsari,  justru beberapa kali berswafoto atau selfie dengan Arca Agastya atau Siwa Mahaguru, yang ada dalam Candi Siwa. Obama terlihat kagum pada sosok Arca Agastya. Siapa Sosok Arca Agastya yang sangat dikagumi Obama hingga beberapa kali berswafoto atau Selfie di relief itu ?

Mengenal Maha Resi Agastya, disebut Batara Guru sebagai perwujudan Siwa di dunia mengajarkan dharma. Di dalam sejarah agama Hindu di Indonesia, Resi Agastya disucikan namanya dalam prasasti-prasasti dan kesusasteraan-kesusasteraan kuna. 

Yang pertama kali menyebut nama Resi Agastya ialah prasasti Dinaya di Jawa Timur tahun Saka 682 di mana seorang raja bernama Gajayana membuat pura suci yang sangat indah untuk Maha Resi Agastya dengan maksud untuk memohon kekuatan suci untuk mengatasi kekuatan yang gelap. 

Arca Agastya biasanya digambarkan seorang lelaki tua berjenggot panjang dengan perut buncit. Posisi arca berdiri di atas padmasasana. Mempunyai dua tangan, dimana tangan kanan Agastya menggenggam aksamala dan tangan kirinya menggenggam kamandalu (sebuah cawan air amerta) yang melambangkan suatu hidup yang berkelanjutan.

Terdapat hiasan trisula di bagian stella, yang melambangkan ketiga peran dewa, pencipta, pengatur dan penghancur. Arca Agastya biasanya diletakkan di relung sebelah selatan Candi Hindu. 

Ada tujuh Maha Resi yaitu Grtsamada, Wiswamitra, Wamadewa, Atri, Bharadwaja, Wasista, dan Kanwa yang menerima wahyu Weda di India sekitar 3000 tahun sebelum Masehi.  Mereka mengembangkan agama Hindu masing-masing menurut bagian-bagian Weda tertentu. Kemudian para pengikutnya mengembangkan ajaran yang diterima dari guru mereka sehingga lama kelamaan terbentuklah sekta-sekta yang jumlahnya ratusan.

Sekta-sekta yang terbanyak pengikutnya antara lain Pasupata, Linggayat Bhagawata, Waisnawa, Indra, Saura, dan Siwa Siddhanta. Sekta Siwa Siddhanta dipimpin oleh Maha Rsi Agastya di daerah Madyapradesh (India tengah) kemudian menyebar ke Indonesia. 

“Setelah tahu kisahnya, Pak Obama lalu selfie dengan Agastya beberapa kali. Dia juga meminta pengawalnya mengambilkan gambar dirinya bersama Agastya,” ujar Manggar.

Selain Arca Agastya atau Siwa Mahadewa, Obama juga mengambil foto Arca Ganesha, juga Arca Durga Mahisasuramandini (arca Lara Jonggrang). Obama juga masih mengingat tokoh Hanoman yang berwujud kera putih dalam cerita wayang Ramayana dan menanyakan kepada Manggar saat melihat relief pasukan kera yang membuat jembatan untuk lewat bala tentara Rama. 

Detailnya Obama dan beberapa kali selfie mengundang decak kagum Menteri Pariwisata Arief Yahya. "Beliau memang seorang endorser sejati. Memory masa lalunya saat berkunjung ke Candi Prambanan terbangun kembali. Keingintahuannya terhadap ketokohan beberapa sosok pewayangan dalam relief seperti Agastya dan Hanoman ini memang naluri wisatawan tentang keistimewaan Candi Prambanan," kata Menpar Arief Yahya. 

Arief Yahya memaparkan bahwa Candi Prambanan sebagai salah satu candi peninggalan umat Hindu terbesar serta termegah yang berada di Indonesia, ini memang telah diakui oleh dunia sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara selain candi Borobudur dan bahkan pada tahun 1991 bersama candi Borobudur, candi Prambanan dikukuhkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. 

Pada kompleks candi tercatat ada sebanyak 240 candi secara keseluruhan. Dengan tiga candi utama yang dikenal sebagai candi Siwa, candi Brahma serta candi Wisnu atau juga bisa disebut candi Trimurti. Candi Prambanan dihiasi relief-relief yang tersebar pada dinding arca-arca yang berada di dalam kompleks candi.

"Keindahan arsitektur yang merupakan budaya umat Hindu menjadi daya tarik tersendiri bagi Mr Obama. Sungguh indah dan menakjuban, dengan datang dan melihat secara langsung, Mr Obama menjadi tahu keunikan dan sejarah Candi Prambanan ini, so bagaimana dengan anda? Datang dan nikmati keindahan arsitekturnya!" promosi Arief Yahya.(*)
by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!