"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Kamis, 07 Desember 2017

Konser Jazz Bertaraf Internasional Hadir di Manado: PESONA MANADO JAZZ FIESTA 2017 #KamiMusikIndonesia



PRESS RELEASE


Untuk pertama kalinya sebuah gelaran musik jazz bertaraf internasional dihelat di Kota Manado, Sulawesi Utara. Acara ini akan berlangsung pada 10 Desember 2017 mendatang berlokasi di Mall Manado Town Square. 


Acara bertajuk PESONA MANADO JAZZ FIESTA 2017 merupakan persembahan dari Pesona Indonesia Kementrian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia), komunitas #KamiMusikIndonesia serta Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara. 


PESONA MANADO JAZZ FIESTA 2017 akan memadukan penampilan panggung artis-artis lokal, artis ibukota dan artis internasional. Untuk artis lokal akan menampilkan PAPPRI SULUT ALL STARS, merupakan kolaborasi musisi yang tergabung dalam DPD PAPPRI Sulut. Sementara artis ibukota diwakili GLENN FREDLY dan ANDY AYUNIR  serta untuk artis internasional mendatangkan quartet jazz GRZEGORZ KARNAS dari Polandia . 


Kita tak perlu panjang lebar bicara tentang karir GLENN FREDLY karena semua orang pasti tau siapa Nyong Ambon satu ini. Tapi keterlibatannya dalam membangun dan ambil bagian menata ekosistim musik tanah air yang belum banyak orang tahu. GLENN yang saat ini membentuk komunitas #KamiMusikIndonesia gencar berkampanye tentang pentingnya UU Permusikan. Sebagai Ketua DPP PAPPRI Bidang Program dan Produksi Musik, GLENN juga mengetuai sebuah komite khusus untuk mempersiapkan RUU Permusikan yang saat ini sudah masuk proleknas di DPR RI. 


GLENN juga sedang mempersiapkan pelaksanaan Konferensi Musik Indonesia yang akan berlangsung di Ambon City of Music pada Maret 2018 bertepatan dengan perayaan Hari Musik Nasional. Konferensi yang melibatkan semua stakeholder industri musik dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini akan menjadi yang pertama dan terbesar di Indonesia. 


ANDY AYUNIR adalah musisi elektronik Indonesia pertama yang sudah malang melintang di industri musik dunia. Karya musik dari pria lulusan Berklee College of Music, Boston, USA ini sudah terekam dalam album banyak penyanyi terkenal, antara lain Anggun, Titi DJ, Ruth Sahanaya dll. Menjabat sebagai Ketua DPP PAPPRI Bidang Teknologi dan Informatika. 


GRZEGORZ KARNAS adalah vokalis jazz dunia yang berasal dari Polandia. Lulusan the Jazz Institute of the University of Music di Katowice, salah satu sekolah musik prestisius di Eropa Timur. KARNAS telah bermain di berbagai negara serta menjadi line-up di beberapa event jazz besar seperti London Jazz Festival. Untuk kunjungan ke Manado, GRZEGORZ KARNAS QUARTET datang bersama rekan-rekannya GRZEGORZ MASTOWSKI, ADAM WYKPISZ ALAN, dan JACUB KRZESZOWSKI. 


Itulah, musisi lokal, nasional dan internasional yang berkolaborasi dalam memeriahkan PESONA MANADO JAZZ FIESTA 2017


“Saat ini musik jazz tak bisa dibilang segmented lagi karena penggemar jazz makin banyak dari berbagai usia, termasuk dari kalangan milenials. Orang Manado itu penyuka musik, musik apa aja pasti dinikmati. Saya optimis jazz akan berkembang bagus di Manado dan ini diharapkan menjadi annual event,” kata Andre ‘Opa’ Sumual, ketua penyelenggara PESONA MANADO JAZZ FIESTA 2017 yang juga adalah Ketua DPP PAPPRI Bidang Hubungan  Pemerintah dan Kekembagaan. 


Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Utara Daniel Mewengkang mengatakan bahwa event musik apapun jenisnya sangat menunjang pariwisata Sulawesi Utara. “Dengan adanya 10 ribu turis mancanegara setiap bulannya, Sulawesi Utara membutuhkan banyak acara, salah satunya tentu musik jazz seperti ini. Kita akan memfasilitasi acara-acara seperti ini,” kata Mewengkang. 


“Tujuan utama PAPPRI adalah menyejahterakan musisi di seluruh Indonesia, jadi bukan hanya Jakarta. Untuk itu PAPPRI melakukan penetrasi ke daerah untuk melakukan pelatihan serta konser musik. Tentunya kami bekerjasama dengan berbagai stakeholder, termasuk dengan Kementrian Pariwisata seperti acara ini,” komentar Ketua Umum PAPPRI AM Hendropriyono 


Sementara itu, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata Esthy Reko Astuti mengatakan:: “Pariwisata itu hidup karena faktor 3A, Akses, Amenitas dan Atraksi. Akses bagus, penginapan bagus tapi tanpa atraksi tentu belum lengkap. Konser musik adalah salah satu atraksi yang bagus karena artis juga menjadi endorser untuk pariwisata Indonesia.” 


Dalam rangkaian PESONA MANADO JAZZ FIESTA 2017 juga akan diadakan acara Music Talkshow & Workshop oleh komunitas #KamiMusikIndonesia dan PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) bersama pembicara GLENN FREDLY, ANDY AYUNIR dan ANDRE OPA SUMUAL. Talkshow bertema “Ekosistim Musik Indonesia Saat Ini” akan digelar di Atrium Mantos 3 pada Minggu, 10 Desember 2017 jam 13.00. 


Mari jo bauni Jazz!!

Salam Musik Indonesia!! 

Salam Pesona Indonesia!! 




by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!