"Sepenggal hati mungkin tak bisa bercerita, tapi sepotong cerita bisa membuat hati bicara" - Andre OPA ********* "Music is everybody’s possession. It’s only publishers who think that people own it.” - John Lennon

Sabtu, 27 Januari 2018

Inilah Pemenang Utu dan Keke Kawanua 2018



Utu dan Keke adalah sebutan untuk anak lelaki dan anak perempuan Minahasa, kira-kira semacam Ucok dan Butet untuk orang Batak. 

Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) yaitu wadah berkumpulnya diaspora Minahasa/Manado diperantauan, untuk pertama kalinya menggelar Pemilihan Utu dan Keke Kawanua 2018. 

Pemilihan Utu dan Keke Kawanua 2018 mengikuti format pemilihan Putri Indonesia yaitu melewati beberapa tahap dimulai dengan babak penyisihan hingga grand final. Pada babak final para finalis juga mengikuti proses karantina dengan pembekalan serta penilaian. 

Malam puncak Grand Final Utu dan Keke Kawanua 2018 berlangsung meriah di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta. Selain proses kontes yang menegangkan, acara juga dimeriahkan penampilan sejumlah artis nasional asal Manado seperti Dirly, Putri Bilanova, Connie Maria Maramis, living legend musik pop Manado Tielman Sisters, Miss Tourism Cosmopolitan Int’l 2017-2018 yang juga Putri Pariwisata 2016 Louis Merry Tangel, serta peragaan busana Batik Tou Mnahasa.  

Gairah pariwisata di Manado dan Minahasa sebagai daerah tujuan wisata internasional membuat dewan juri banyak mengemukakan pertanyaan tentang pariwisata dan budaya. Apalagi diantara dewan juri ada Tazbir Abdullah, pejabat Kementrian Pariwisata RI. Juga ada nama-nama sohor yang menjadi juri seperti Coretta Kapoyos dan artis Moza Pramita. 

“Kegiatan ini diharapkan selain sebagai ajang pencarian bakat kreatif, juga menjadi tempat berkumpul para generasi muda Kawanua untuk mereka bisa mendalami dan memahami akar budaya sebagai bekal mereka menjadi duta budaya Minahasa,” kata Ketua KKK Ronnie F. Sompie. 

Berikut nama-nama pemenang pada Grand Final Utu/Keke Kawanua 2018.

Juara I Keke 23, Ivhandrel Sumerah, DKI Jakarta

Juara II Keke 07, Vannita J. Posuma, DKI Jakarta

Juara III Keke 03, Sabrina Malik, DKI Jakarta

Juara I Utu 12, Diven, G. Kilanta, DKI Jakarta

Juara II Utu 02, Abraham Elungan, Jawa Timur (Jatim)

Juara III Utu 24, Putra Dumais, Banten

Juara Favorit, 08 Darry Wuisang, Jawa Barat (Jabar)

Best Costume :

Keke, 11 Dennise M. Tumewu, Kalimantan Timur (Kaltim)

Utu, 10 Arnold Kindangen, DKI Jakarta

 

by Facebook Comment

Create your own banner at mybannermaker.com!